Cara Mudah Pulihkan Akun IG yang Diretas, Jangan Panik!


Ilustrasi. Instagram . (Getty Images)

AKTUALITAS.ID – Akun Instagram merupakan salah satu aset digital yang penting bagi banyak orang, terutama yang menggunakan media sosial ini untuk berbisnis, berbagi karya, atau sekadar bersosialisasi.

Kejahatan tidak hanya terjadi di dunia nyata tapi juga maya. Bahkan peretasan akun media sosial (medsos_ menjadi kejahatan yang kerap terjadi di masyarakat. 

Beruntung, ada beberapa cara untuk mengambil alih akun Instagram jika telah diretas atau diambil oleh orang lain, jangan panik !

Berikut panduan langkah demi langkah untuk pulihkan akun Instagram (IG) yang diretas.

1. Periksa e-mail

Periksa e-mail dan perhatikan notifikasi keamanan dari e-mail Instagram. Biasanya Google juga akan memberikan laporan keamanan saat ada tindakan mencurigakan.

Penting untuk tidak mengabaikan e-mail notifikasi keamanan tersebut. Jika pengguna menemukan kecurigaan yang merujuk pada akun yang sudah diretas, segera ikuti panduan dari Google untuk menghentikan aktivitas yang mencurigakan dan mengamankan kembali akun e-mail dari peretas.

2. Rutin ubah kata sandi akun Instagram

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengubah kata sandi akun Instagram atau meminta e-mail reset kata sandi dari Instagram. Pengguna dapat mengubah kata sandi dengan membuka aplikasi Instagram.

Untuk mengubah kata sandi akun Instagram, masuk ke aplikasi, pilih Pengaturan, lalu pilih menu Keamanan, selanjutnya pilih Password atau Sandi. Pengguna akan menemukan kolom untuk mengganti kata sandi Instagram dengan kata sandi baru.

3. Periksa pusat akun 

Periksa pusat akun di Instagram dan hapus akun ditautkan yang tidak dikenali. Pusat Akun adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengelola akun Instagram, Facebook, dan Messenger dalam satu tempat.

Pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tertentu, seperti berbagi Stories atau pesan, di antara akun yang tautkan.

Namun, jika akun Instagram berhasil diretas, kemungkinan peretas telah menautkan akun dengan akun lain yang dimiliki mereka. Maka segera hapus akun tidak dikenal yang telah tertaut.

4. Minta kode keamanan Instagram

Cara selanjutnya untuk memulihkan akun yang diretas, pengguna dapat meminta kode keamanan atau dukungan langsung dari Instagram. Berikut adalah langkah-langkahnya:

– Pada layar login, klik opsi “Dapatkan bantuan untuk login”.

– Masukkan nama pengguna, alamat e-mail, atau nomor telepon yang terkait dengan akun, lalu ketuk “Perlu bantuan lain?”.

– Ikuti petunjuk yang muncul di layar.

– Pilih alamat e-mail atau nomor telepon yang akan digunakan untuk menerima kode keamanan dari Instagram.

– Ketuk “Kirim Kode Keamanan”.

– Periksa e-mail atau nomor telepon yang dipilih untuk mendapatkan kode keamanan.

– Masukkan kode keamanan tersebut dan ketuk “Konfirmasi”.

Jika tidak menerima kode keamanan, ketuk opsi “Saya tidak bisa mengakses e-mail atau nomor telepon ini” dan ikuti petunjuk yang muncul di layar.

Perlu diingat, saat pengguna memiliki lebih dari satu akun, berikan prioritas pada akun yang bermasalah terlebih dahulu.

5. Buka situs Instagram pusat bantuan

Jika akun Instagram jatuh ke tangan yang tidak sah, jangan ragu untuk meminta bantuan melalui Instagram pusat bantuan atau help enter dengan melakukan langkah berikut.

– Akses tautan https://help.instagram.com/.

– Pilih “Privacy & Safety” klik “Report Something” lalu pilih “Hacked Account”.

– Selanjutnya, pilih “I Think my account has been hacked” klik “Report it to us” dan pilih Selesai.

Setelah proses selesai, situs akan menampilkan beberapa pertanyaan dan harus dijawab dengan jelas. Selanjutnya pengguna perlu menunggu kabar konfirmasi dari pihak Instagram. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>