FIFA Resmi Tunjuk Chile Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2025, Indonesia Batal


Dewan FIFA resmi menunjuk Cile sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2025 (Foto: FIFA)

AKTUALITAS.ID – FIFA resmi menunjuk Chile sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2025.

Kabar ini diumumkan langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino melalui akun instagram pribadinya pada Minggu (17/12).

Penunjukan Chile sebagai tuan rumah merupakan hasil keputusan dari Dewan FIFA.

“Piala Dunia U-20 FIFA 2025 akan digelar di Chile.”

“Sesuai dengan apa yang diumumkan hari ini pada pertemuan Dewan FIFA.”

“Ini akan menjadi turnamen besar di negara yang memiliki warisan besar dalam olahraga kami,” tulis Gianni Infantino.

Hal ini sekaligus membuat asa Indonesia menjadi tuan rumah pupus.

Sebelumnya Indonesia dan Singapura sempat berusaha untuk mengajukan hak menjadi tuan rumah (bidding) Piala Dunia U-20. Namun dengan adanya keputusan FIFA itu, maka Indonesia dipastikan batal untuk kembali menggelar perhelatan kelas dunia tersebut.

Indonesia sempat terpilih untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 edisi 2021, namun turnamen itu harus dibatalkan akibat pandemi Covid-19. Turnamen tersebut kemudian digeser ke 2023 dengan Indonesia tetap menjadi tuan rumah.

Namun karena berbagai kisruh terkait kehadiran timnas Israel sebagai salah satu peserta, maka FIFA mengambil keputusan untuk membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah ajang tersebut dan kemudian menunjuk Argentina sebagai tuan rumah baru.

Indonesia kemudian diberikan hak menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, setelah Peru yang seharusnya menjadi tuan rumah dinyatakan tidak memenuhi komitmen infrastruktur untuk menyelenggarakan ajang besar tersebut.

Selain menunjuk tuan rumah Piala Dunia U-20 2025, dalam kesempatan itu FIFA juga mengumumkan penunjukan Polandia sebagai tuan rumah Piala Dunia Putri U-20 2026.

Piala Dunia Putri U-20 edisi terakhir berlangsung pada 2022 di Kosta Rika dengan menghasilkan Spanyol sebagai juara. Pada 2024, ajang serupa akan berlangsung di Kolombia. (IYAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>