Resmi Mundur, Firli Bahuri: Saya Akhiri Tugas Saya Sebagai Ketua KPK


Firli Bahuri mengundurkan diri sebagai Ketua KPK. (IST)

AKTUALITAS.ID – Setelah tersandung dari kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) non aktif Firli Bahuri resmi mengundurkan diri dari jabatannya.

Keputusan itu diambil lantaran sudah berstatus tersangka di Polda Metro Jaya dan boleh jadi bakal fokus dengan perkara hukum yang menyandungnya.

“Saya mengakhiri tugas saya sebagai Ketua KPK, dan saya menyatakan mengundurkan diri tidak berkeinginan untuk memperpanjang masa jabatan saya,” ujar Firli di Gedung Pusat Pendidikan Antikorupsi KPK, Kamis (21/12/2023) malam.

Pengunduran diri tersebut menurut Firli sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno serta kepada jajaran pimpinan KPK dan Dewan Pengawas (KPK). 

Menurutnya pengunduran dirinya setelah empat tahun mengemban tugas sebagai pimpinan KPK demi stabilitas bangsa jelang tahun politik 2024.

Firli berharap dirinya dan keluarganya diberikan kesempatan untuk hidup sebagai purnawirawan Polri dan warga negara biasa.

“Berikan kesempatan saya, anak, dan istri saya untuk menjalin kehidupan sebagai purnawirawan Polri, sebagai rakyat jelata, dan juga sebagai anak bangsa Indonesia yang cinta kepada negaranya,” ungkap Firli.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada insan KPK, masyarakat, dan semua pihak yang memberikan dukungan selama 40 tahun berdinas di Polri dan KPK.

Sementara itu, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengonfirmasi Kementerian Sekretariat Negara telah menerima surat pengunduran diri Firli Bahuri.

Diketahui, Firli Bahuri telah ditetapkan tersangka dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, dan menghadapi sidang dugaan pelanggaran kode etik oleh Dewan Pengawas KPK terkait pertemuannya dengan SYL. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>