Rangking FIFA 2023: Argentina Teratas, Indonesia di Peringkat ke-146


Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sedang memberikan arahan kepada para pemainnya. (PSSI)

AKTUALITAS.ID – FIFA merilis ranking alias peringkat terbaru untuk tim nasional (timnas) pria per Desember 2023, yang jadi pengumuman terakhir mereka untuk tahun ini. Argentina dipastikan menutup 2023 dengan berada di puncak ranking FIFA.

Juara dunia, Timnas Argentina masih mempertahankan posisi mereka di tempat teratas, setelah pada akhir 2022 lalu merengkuh gelar Piala Dunia di Qatar.

Pengumuman FIFA untuk ranking dunia di akhir 2023 ini tak menunjukkan banyak perubahan signifikan, terutama untuk tim penghuni peringkat 10 besar.

Argentina masih memimpin di puncak, diikuti Prancis di posisi kedua, dan Inggris berada di peringkat ketiga dalam ranking FIFA hingga akhir tahun 2023.

Belgia masih berada di peringkat keempat, kemudian berturut-turut hingga posisi ke-10 ditempati oleh Brasil (5), Belanda (6), Portugal (7), Spanyol (8), Italia (9), dan Kroasia (10).

Sementara itu, Jepang (17) menjadi negara dari Asia (AFC) dengan peringkat FIFA tertinggi, diikuti Iran (21), Korea Selatan (23), dan Australia (25).

Sementara Indonesia mencatatkan kemajuan dengan naik ke peringkat ke-146 dunia. 

Indonesia, di bawah asuhan pelatih Shin Tae-Yong, mengalami fluktuasi peringkat namun menunjukkan tren positif dengan peningkatan tiga peringkat dari posisi awal tahun. Kenaikan signifikan terjadi pada bulan Oktober, dimana Indonesia sempat berada di peringkat ke-145.

Di zona Asia Tenggara, Indonesia berada di peringkat kelima, di bawah Vietnam dan Thailand yang menduduki dua posisi teratas di kawasan tersebut. Vietnam berada di peringkat ke-94 dan Thailand di peringkat ke-113.

Di ASEAN, selain Vietnam dan Thailand, negara-negara lain seperti Malaysia, Filipina, dan Singapura juga berada dalam daftar rangking FIFA, sementara Myanmar, Kamboja, Laos, Brunei, dan Timor Leste menempati posisi lebih rendah.

Ranking FIFA selanjutnya akan diumumkan pada 15 Februari 2024, menjadi tantangan tersendiri bagi Argentina untuk mempertahankan posisi mereka pada tahun depan. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>