Konvoi Kendaraan Bantuan di Gaza Diserang Tentara Israel, Beruntung Tak Ada Korban Jiwa


Tentara Israel duduk di dalam kendaraan militer, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Islam Palestina Hamas, dekat perbatasan dengan Gaza, di Israel selatan, 18 Desember 2023. (REUTERS)

AKTUALITAS.ID – Badan PBB untuk Pengungsi Palestina mengatakan pada Jumat (29/12/2023), konvoi bantuan diserang oleh militer Israel di Jalur Gaza, beruntung tak menimbulkan korban jiwa.

“Tentara Israel menembaki konvoi bantuan ketika mereka kembali dari Gaza utara melalui rute yang ditentukan oleh tentara Israel. Pemimpin konvoi internasional kami dan timnya tidak terluka, tetapi satu kendaraan mengalami kerusakan,” tulis direktur UNRWA di Gaza, Tom White, di X.

Menurut White, kejadian itu terjadi pada Kamis sore.

Militer Israel menanggapi permintaan komentar dengan mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki laporan tentang insiden tersebut.

White pun menekankan bahwa para pekerja bantuan kemanusiaan seharusnya tidak menjadi target serangan.

Selama serangan berbulan-bulan di Gaza, Israel telah menggempur rumah sakit, tempat tinggal, dan tempat ibadah, yang menurut hukum peperangan seharusnya tidak boleh diserang.

Ada juga laporan yang menyebutkan bahwa setelah memerintahkan warga sipil di Gaza utara untuk pindah ke selatan pada awal perang, militer Israel kemudian menembaki mereka di jalur tersebut.

Sejak diserang oleh kelompok perlawanan Palestina Hamas pada 7 Oktober, Israel telah membombardir Jalur Gaza tanpa henti sehingga menewaskan lebih dari 21.000 warga Palestina dan melukai sedikitnya 55.000 lainnya.

Di lain pihak, Israel mengeklaim korban jiwa di pihaknya mencapai 1.200 orang akibat serangan Hamas.

Gelombang serangan Israel telah meluluhlantakkan Gaza, di mana 60 persen infrastruktur di wilayah kantung Palestina itu rusak atau hancur dan hampir 2 juta penduduknya mengungsi di tengah ketersediaan pangan, air bersih dan obat-obatan yang sangat terbatas. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>