Kalah Lagi dari Libya, Shin Tae-yong: Saya Cukup Puas dengan Performa Pemainnya


Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong (Dok: PSSI)

AKTUALITAS.ID – Timnas Indonesia kembali menelan kekalahan pada laga uji coba lawan Timnas Libya, Jumat (5/1/2024) malam WIB. Meskipun kalah, pelatih Shin Tae-yong mengaku cukup puas dengan performa anak asuhnya.

Pada laga yang dimainkan di Stadion Mardan, Indonesia kalah dengan skor 1-2 dari Libya. Sempat unggul lewat gol Yakob Sayuri, Indonesia kebobolan dari aksi Oshama El Sharami dan Ahmed Ekrawa.

Bagi Indonesia, ini adalah kekalahan kedua yang didapat dari Libya. Sebelumnya, pada hari Selasa (2/1/2023) lalu, Pratama Arhan dan kolega menderita kekalahan telak dengan skor 0-4.

Meskipun tetap kalah, permainan Timnas Indonesia menunjukkan progres yang cukup signifikan. Hal tersebut membuat Shin Tae-yong merasa puas.

“Saya cukup puas dengan performa pemain di luar hasil skor pertandingan hari ini,” ujar Shin Tae-yong setelah pertandingan.

Shin menyebutkan bahwa ia menerapkan formasi dan taktik yang disiapkan khusus untuk menghadapi Irak di laga perdana Piala Asia 2023 (2024) mendatang. Meski berujung pada kekalahan, Shin menilai strategi tersebut telah diterapkan dengan baik oleh para pemain.

“Kami mempersiapkan formasi ini untuk pertandingan melawan Irak, dan saya bersyukur pemain bekerja keras menerapkannya,” kata Shin.

Pelatih asal Korea Selatan ini juga mengungkapkan bahwa selama TC di Turki, Timnas Indonesia lebih banyak fokus pada latihan fisik. Shin hanya memiliki waktu sehari sebelum pertandingan untuk meracik strategi taktik.

“Selama di Turki, kami fokus pada latihan fisik dan hanya memiliki satu hari sebelum pertandingan untuk latihan taktik,” ungkapnya.

Dalam laga kedua melawan Libya, Timnas Indonesia sempat unggul lebih dulu lewat gol Yakob Sayuri di menit ke-6. Namun, Libya berhasil menyamakan kedudukan tiga menit kemudian dan menambah gol kedua pada menit ke-20.

Timnas Indonesia akan menghadapi Iran dalam laga uji coba terakhir pada Selasa (9/1/2024) di Doha, Qatar. Pertandingan ini menjadi persiapan akhir Timnas Indonesia sebelum berlaga di Piala Asia 2023. (YAN KUSUMA/ARI WIBOWO)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>