Do’a Mohon Kesembuhan untuk Orang Tua yang Sedang Sakit


Ilustrasi Berdoa (iStockphoto)

AKTUALITAS.ID – Doa memohon kesembuhan untuk orang tua penting diketahui, terutama bagi anak yang memiliki orang tua yang sedang sakit. Penyakit akan sangat mudah menyerang orang yang sudah tua. Kesembuhan pun kadang juga perlu diusahakn dengan ekstra, meningat tenaga orang tua sudah minim.

Seorang anak tentu akan mengusahakan berbagai cara untuk kesembuhan orang tua mereka apabila sedang sakit. Sebab orang tua yang sakit menjadi kesedihan tersendiri bagi seorang anak. Apalagi jika Allah memberikan ujian yang berat berupa penyakit yang sulit disembuhkan.

Allah menguji kesabaran umat manusia dengan beragam cara, salah satunya dengan mengirimkan penyakit kepada orang tua. Sebenarnya tujuannya adalah menguji umat Islam agar lebih sabar dan tabah menghadapi cobaan.

Bacaan doa untuk orang tua atau orang yang sedang sakit ini sebagaimana diriwayatkan Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya: Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.”

Rasulullah SAW juga membaca doa untuk orang tua atau orang yang sedang sakit ini ketika meruqyah salah seorang sahabat.

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta.

Artinya: Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Engkau.

Wallahu A’lam.  (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>