KPU Tarakan Distribusikan Logistik Pemilu Sehari Sebelum Pencoblosan 


Ilustrasi. Surat suara paslon capres-cawapres 2024 (dok. KPU)

AKTUALITAS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tarakan akan mendistribusikan logistik Pemilu sehari sebelum pencoblosan yakni pada 13 Februari 2024.

“Kalau kita distribusinya tidak ada yang terlalu jauh karena dari segi geografisnya semua bisa diakses dengan waktu yang tidak terlalu lama,” kata Ketua KPU Kota Tarakan Nasruddin di Tarakan, Sabtu, lalu.

Dia menjelaskan pendistribusian logistik Pemilu pada H-1 dan semua menggunakan jalur darat, kecuali ada satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pulau Sadau.

Jumlah pemilih di Pulau Sadau sekitar 60-an orang, dimana jarak waktu tempuh dari Tarakan ke Pulau Sadau dengan menggunakan kapal lamanya 15 menit.

Saat ini surat suara sudah selesai dilakukan pelipatan dan logistik akan dikumpulkan bersama alat Tulis Kantor (ATK) untuk dikemas selanjutnya didistribusikan.

Sebelum dikemas dihitung kembali formulir – formulir kemudian masuk amplop.

“Sejauh ini semua masalah dapat dikendalikan, namun tetap melakukan antisipasi terutama pada pendistribusian misalnya pada hari H cuaca hujan, maka disiapkan plastik untuk membungkus semua kotak suara di TPS nanti dan pengadaannya sudah ada,” lanjut Nasruddin.

KPU Kota Tarakan sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu Tahun 2024 sebanyak 169.702 pemilih.

Penetapan DPT tersebut sudah melalui proses panjang dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 170.676 pemilih kemudian Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) sebanyak 170.127 pemilih dan akhirnya DPT. 

Sebanyak 3.012 pemilih tambahan masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) di Kota Tarakan, Kalimantan Utara, sedangkan DPTb yang keluar sebanyak 2.333 pemilih yang tersebar di empat kecamatan. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>