Wakil Kapendam XVII/Cenderawasih Sesalkan Aksi KKB Putus Akses Jalan Trans Papua 


Ilustrasi. Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua. (Foto: Ist)

AKTUALITAS.ID – Kelompok kriminal bersenjata (KKB) dilaporkan telah memutus akses Jalan Transpapua ruas Sugapa-Titigi, Kabupaten Intan Jaya, Minggu (4/2/2024).

Hal itu dibenarkan Wakil Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan dalan keterangan tertulisnya, Senin (5/2/2024). 

Ia mengatakan, KKB memutus akses jalan dengan menggali badan jalan selebar 1,5 meter dengan kedalaman 2 meter.

“Kejadian di Kampung Mbamogo, Distrik Agisiga, Kabupaten Intan Jaya,” kata Candra, Senin (5/2/2024).

Candra menyesalkan aksi KKB kali ini yang benar-benar telah menyusahkan masyarakat. Terputusnya akses jalan tersebut, kata dia, telah menghambat aktivitas perekonomian dan pembangunan di wilayah itu.

“Tindakan ini sudah keterlaluan. Ini jelas mengganggu aktivitas masyarakat. Bukannya mendukung pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat, malah menghambat pembangunan,” jelasnya.

Menurutnya, tindakan KKB menghambat pembangunan di Papua sudah sering terjadi. Baru-baru ini KKB juga membakar berbagai fasilitas umum di Intan Jaya, seperti gedung sekolah, rumah dinas, hingga rumah warga tak luput jadi sasaran.

“Sangat disayangkan, dengan semangat yang begitu besar dan tinggi agar Papua lebih maju dan sejahtera, terhambat dan dicederai perilaku dari gerombolan KKB yang tidak berhenti melakukan teror,” pungkasnya. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>