Toyota GR 86 Baru Dirumorkan Bakal Punya Elektrifikasi 3 Silinder Turbo


Toyota GR 86 Generasi ke-3. (IST)

AKTUALITAS.ID – Sudah tahun ketiga sejak Toyota dengan Subaru BRZ memperkenalkan generasi kedua dari mobil sport coupe GR 86 yang populer pada tahun 2021 lalu, kini muncul spekulasi terkait peluncuran generasi ketiga dari seri tersebut.

Melansir dari siaran Carscoops pada Senin (12/2/2023), beberapa sumber mengatakan bahwa powertrain baru yang mengejutkan, yakni mobil dengan mesin tiga silinder turbocharged yang dikawinkan dengan sistem hibrida diduga akan rilis pada tahun 2025 mendatang.

Selama lebih dari satuh, banyaknya laporan soal skenario spesifik serta kombinasi platform dan powertrain dari Toyota dan Subaru BRZ telah beredar luas di kalangan publik.

Seperti yang diketahui, tim Carscoops telah meliput laporan-laporan tersebut pada bulan Oktober 2022 lalu. Namun, setelah pihaknya mengetahui laporan yang mencuat, dua narasi berbeda pun muncul.

Salah satu narasi yang beredar menunjukkan bahwasanya GR86 generasi berikutnya yang hadir dengan mesi hibrida 1,4 liter turbocharged akan segera debut pada tahun 2028.

Sementara itu, yang lain mengemukakan jika adanya kemungkinan perilisan seri baru dengan dukungan powertrain hybrid 1,6 liter turbocharged yang dirumorkan akan datang lebih awal, yakni pada tahun 2025.

Saat ini, skenario terakhir justru dianggap lebih mungkin terjadi. Sebab menurut laporan baru, kendaraan tersebut akan menggunakan mesin yang serupa dengan GR Yaris dan GR Corolla, akan tetapi dengan tenaga yang lebih dari 300 tenaga kuda.

Tak hanya itu, kendaraan ini nantinya akan ada beberapa bentuk hibridisasi yang mirip dengan mobil Land Cruiser 250 dan Lexus GX yang akan segera diluncurkan.

Konfigurasi tersebut menyiratkan bahwa kendaraan akan dirilis dengan mempertahankan tata letak mesin depan atau penggerak roda belakang, namun tetap menawarkan opsi transmisi manual dan transmisi otomatis.

Sebagai informasi, laporan tersebut datang dari BestCar di Jepang yang tidak mengutip sumber secara spesifik. Dengan kata lain, berita tersebut tidak dapat dipercaya sepenuhnya.

Kendati demikian, rumor tersebut terus menerus mencuat. Sebab, informasi itu kembali muncul pada akhir tahun lalu dan tampaknya sedikit masuk akal, mengingat bahwa kendaraan tersebut memiliki mesin yang kuat.

Tentu saja, bagi sebagian besar produsen mobil, memproduksi dan mengembangkan mobil sport dengan volume yang cukup rendah bukanlah hal baik guna mendapatkan margin. Itu sebabnya, Toyota dan Subaru mantap bermitra untuk mengembangkan GR86/BRZ.

Apabila Toyota betul-betul memilih tenaga mesin untuk GR86 sendiri untuk generasi selanjutnya, maka hal itu bisa menjadi sinyal berakhirnya kerja sama antara Toyota dan Subaru dalam membuat seri mobil sport seperti yang disebutkan pada laporan di atas.

Hal tersebut kemungkinan besar akan menjadi akhir dari BRZ, kecuali jika Subaru memutuskan untuk mengembangkan Penerus coupe sport kompak tersebut yang tampak tidak mungkin terjadi, namun tidak sepenuhnya mustahil. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>