Pasca Pemilu 2024, APTISI Imbau Rakyat Indonesia Jaga Kondusifitas


Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) M Budi Djatmiko (tengah) bersama jajarannya saat memberikan keterang kepada wartawan di Hotel Santika Bintaro, Tangsel, Kamis (15/2/2024).AKTUALITAS.ID

AKTUALITAS.ID – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), menyerukan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga persatuan dan kesatuan Republik Indonesia. Hal ini diminta Aptisi pasca Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ada enam poin imbauan yang dibacakan oleh Ketua Umum APTISI M Budi Djatmiko yang didampingi Ketua Dewan Pembina APTISI Marzuki Alie di kawasan Bintaro, Tangerang, Kamis malam (15/2/2024).

Salah satu poin yang disampaikan APTISI adalah, agar masing-masing pasangan calon (Paslon) presiden dan pendukungnya untuk menjaga kondusifitas, sampai tahapan Pemilu 2024 selesai.

Berikut imbauan APTISI dalam menyikapi situasi politik di Indonesia pasca Pemilu 2024:

1. Agar kepada semua pasangan calon (Paslon) dan pendukungnya untuk mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa, dengan bersama sama menjaga situasi politik yang kondusif sampai dengan selesainya tahapan pemilu yang masih berlangsung.

2. Apabila masing-masing Paslon menemui adanya dugaan kecurangan yang dilakukan oleh pihak pihak tertentu, hendaklah melalui mekanisme yang telah ditetapkan dalam UU pemilu no. 7 tahun 2023 tanpa melakukan tindakan tindakan yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat / diantara pendukung Paslon.

3. Kepada sahabat sahabat dari perguruan tinggi negeri dan swasta, mahasiswa dan pihak pihak lainnya dalam kelompok masyarakat, hendaklah menghormati keputusan yang telah atau akan ditetapkan oleh komisi pemilihan umum (KPU) sebagai lembaga resmi yang dibentuk oleh negara untuk menyelenggarakan pemilihan umum.

4. Apabila ditemukan adanya ketidakadilan dalam penyelenggaraan pemilu, hendaklah diselesaikan dengan mengikuti mekanisme hukum positif yang ada, sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

5. Siapapun Paslon yang nantinya terpilih dan ditetapkan oleh KPU menjadi presiden dan wakil presiden RI 2024-2029, marilah kita menghormati dan menerima dengan hati yang legowo, bersatu kembali demi terwujudnya Indonesia emas tahun 2045.

6. Kepada presiden / wakil presiden terpilih, kita memohon dan berharap bisa memperjuangkan seluruh aspirasi anak bangsa, khususnya dalam membangun pendidikan Indonesia yang lebih baik.

[Enal Kaisar/Samsu]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>