Polda Sterilisasi Lokasi Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Kaltara


Polda sterilisasi lokasi rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 Kaltara (Humas Polda)

AKTUALITAS.ID – Dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024, Tim Gegana Satuan Brigade Mobile (Sat. Brimob) Kepolisian Daerah Kalimantan Utara melaksanakan sterilisasi menyeluruh di Hotel Grand Pangeran Khar, Tanjung Selor, pada Kamis, 7 Maret 2024.

Kombes Pol. Budi Rachmat, S.I.K, M.Si, Kepala Bidang Humas Polda Kaltara, menjelaskan bahwa sterilisasi dilakukan sebagai upaya preventif terhadap segala kemungkinan yang dapat mengganggu jalannya rapat pleno. 

“Tim Brimob diterjunkan untuk melakukan sterilisasi. Ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memastikan keamanan dan kelancaran acara dari segala ancaman,” ungkapnya di lokasi.

Proses sterilisasi yang dilakukan Tim Gegana Brimob Polda Kaltara mencakup pemeriksaan menyeluruh sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku. Sterilisasi tidak hanya dilakukan di dalam ruangan tempat berlangsungnya Rapat Pleno Terbuka, tetapi juga pada pintu masuk dan area sekitar ruangan.

Selain itu, Kombes Pol. Budi Rachmat menambahkan bahwa Brimob Kaltara akan melakukan pemeriksaan terhadap setiap peserta dan barang bawaannya yang akan masuk atau keluar dari ruangan rapat dengan menggunakan alat pendeteksi logam. 

“Ini adalah langkah kami untuk mencegah masuknya benda-benda mencurigakan yang bisa mengancam keamanan kegiatan dan keselamatan peserta rapat,” terangnya.

Tim Penjinak Bom atau Jibom dari Brimob juga dilibatkan dalam sterilisasi ini untuk mendeteksi kemungkinan adanya bahan peledak atau benda mencurigakan lainnya. 

Hasil dari sterilisasi menunjukkan bahwa hingga kegiatan selesai, tidak ada temuan benda mencurigakan atau hal-hal yang dapat mengganggu jalannya rapat pleno.

Kegiatan sterilisasi ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi semua pihak yang terlibat dalam Rapat Pleno Terbuka KPU Provinsi Kalimantan Utara, sekaligus menegaskan komitmen Polda Kaltara dalam menjaga keamanan selama proses demokrasi berlangsung. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>