Pesawat TNI AU C-130 J Super Hercules Berangkat Misi Kemanusiaan ke Gaza


Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo (tengah) di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (29/3/2024) memberi penjelasan kepada Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto terkait keberangkatan C-130 J Super Hercules TNI AU beserta 24 prajurit TNI ke Yordania untuk mengirim bantuan buat rakyat Palestina di Gaza. (Foto:Antara)

AKTUALITAS.ID – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto secara resmi melepas keberangkatan pesawat C-130 J Super Hercules dengan nomor ekor A-1340 beserta 27 prajurit TNI dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jum’at (29/3/2024).

Misi mulia ini bertujuan mengirimkan bantuan kemanusiaan dari rakyat Indonesia untuk saudara-saudara kita di Gaza, Palestina.Dalam amanatnya kepada para prajurit, Panglima TNI menegaskan pentingnya menjalankan tugas ini dengan sungguh-sungguh. 

“Untuk itu laksanakan tugas mulia ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Utamakan faktor keamanan dan laksanakan semua prosedur dengan teliti,” kata Panglima TNI saat upacara keberangkatan.

Bantuan yang diangkut oleh pesawat C-130 J Super Hercules ini akan diturunkan sementara di Yordania sebelum diangkut lebih lanjut ke wilayah Gaza. Dalam misi ini, TNI mengangkut 900 perangkat payung udara orang (PUO) dan 50 set peralatan low-cost low-altitude (LCLA) untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan via metode airdrop.

Panglima TNI juga menjelaskan teknis operasional misi ini, “PUO mampu menurunkan muatan seberat 100 kilogram sekali penerjunan, sementara PUB mampu menurunkan muatan seberat 15 ton sekali penerjunan.”

Misi kemanusiaan ini dipimpin oleh Kolonel Pnb Noto Casnoto yang merupakan Komandan Wing I Lanud Halim Perdanakusuma. Pasukan yang tergabung dalam misi ini terdiri dari berbagai unit dan latar belakang, termasuk dua prajurit dari pasukan elite TNI AU Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) serta perwakilan dari Kementerian Pertahanan RI, Kementerian Luar Negeri, dan Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI.

Pesawat C-130 J Super Hercules ini akan menempuh perjalanan selama tiga hari menuju Yordania dengan beberapa transit di Aceh, Myanmar, India, dan Uni Emirat Arab (UAE). Total perjalanan pulang-pergi diperkirakan akan memakan waktu kurang lebih 10 hari.

Dengan tekad kuat dan semangat kemanusiaan yang tinggi, misi ini diharapkan dapat memberikan bantuan yang signifikan bagi rakyat Palestina di Gaza. 

“Misi kemanusiaan ini merupakan wujud kepercayaan pemerintah dan negara kepada TNI dalam menyebarkan kebaikan kepada sesama,” ujar Panglima TNI. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>