Tim SAR Gabungan Lanjutkan Pencarian Korban Longsor di Bandung Barat


Tim SAR gabungan menggali menggunakan cangkul dalam operasi pencarian dan pertolongan korban bencana tanah longsor di Cipongkor, Bandung Bara, Jawa Barat, Jumat (29/3/2024) (dok: Basarnas)

AKTUALITAS.ID – Tim SAR gabungan terus berupaya keras dalam pencarian sisa korban hilang tertimbun longsor di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Meskipun memasuki hari ketujuh, semangat dan keseriusan tim tidak luntur. 

Masih ada empat korban jiwa yang belum ditemukan, dan upaya pencarian diperluas ke dua desa terdampak, yaitu Desa Cibenda Cipongkor dan Desa Sukaresmi.

“Memasuki hari ketujuh tentunya kita meningkatkan wilayah pencarian sesuai dengan rencana operasi yang sudah ditentukan di dua sektor. Di Sukaresmi ada satu korban dan di sektor Cibenda ada tersisa belum ditemukan 3 korban,” kata Kasi Ops dan Siaga Kantor SAR Bandung Supriono, di posko SAR gabungan pada Minggu (31/3/2024) pagi.

Supriono menekankan bahwa pencarian tidak hanya terfokus di satu desa, melainkan meluas ke daerah terdampak lainnya. 

“Pencarian korban hilang tertimbun longsor tidak hanya di Desa Cibenda Cipongkor saja tetapi juga di Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga,” ucapnya.

Pada hari ketujuh ini, tim SAR akan menggelar pencarian secara maksimal dengan memperluas area pencarian di Desa Cibenda. “Kami akan memperluas area pencarian dan pagi hari ini dari K9 Polda Jabar dan K9 Polres Cimahi melaksanakan asesmen lebih awal karena dua hari kemarin sudah ada perubahan struktur tanah,” ungkapnya.

Dalam proses pencarian, kehadiran tim K9 dari Polda Jabar dan Polres Cimahi menjadi kunci penting. Dengan adanya perubahan struktur tanah, penggalian dan penyemprotan sebelumnya akan mempermudah anjing K9 untuk mengendus keberadaan korban.

Tim SAR gabungan tetap berharap untuk menemukan korban yang masih tertimbun dengan segera. Masyarakat pun diimbau untuk tetap waspada dan bekerja sama dalam proses pencarian ini. (YAN KUSUMA/RAFI).

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>