Gunung Semeru Kembali Erupsi, Masyarakat Diminta Waspada


Gunung Semeru kembali erupsi terpantau rekaman CCTV pada Jumat (12/4/2024) pukul 03.31 WIB. (Foto: PVMBG)

AKTUALITAS.ID – Gunung Semeru, yang terletak di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur, kembali mengalami erupsi pada Jumat, 12 April 2024, pukul 03.31 WIB. Tinggi kolom letusan mencapai sekitar 700 meter di atas puncak atau 4.376 meter di atas permukaan laut, demikian disampaikan oleh Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, Mukdas Sofian.

“Terjadi erupsi Gunung Semeru pada Jumat, 12 April 2024, pukul 03.31 WIB. Tinggi kolom letusan teramati sekitar 700 meter di atas puncak atau 4.376 meter di atas permukaan laut,” kata Mukdas Sofian dalam keterangan tertulis yang diterima di Lumajang, Jumat (12/4/2024).

Kolom abu vulkanik teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya dan barat. Seismograf merekam erupsi dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 186 detik.

Berdasarkan laporan pengamatan kegempaan, pada Jumat (12/4/2024) pukul 00.00-06.00 WIB, tercatat sebanyak 10 kali gempa letusan/erupsi dengan amplitudo 10-22 mm, dan lama gempa 48-187 detik. Selain itu, terjadi juga empat kali gempa hembusan, lima kali gempa harmonik, satu kali gempa vulkanik dalam, dan enam kali gempa tektonik jauh.

Gunung Semeru masih berstatus siaga atau level III. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memberikan rekomendasi kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

“Dalam radius 5 km dari kawah/puncak Gunung Semeru, masyarakat tidak boleh beraktivitas karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (material pijar),” kata Mukdas Sofian.

Pihak berwenang juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi awan panas, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai yang airnya berhulu di puncak Gunung Semeru. Terutama, sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat, serta potensi lahar di sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>