PDIP Masih Godok Nama Calon Gubernur untuk Pilkada 2024


Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Sekjen PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, mengungkapkan bahwa partainya masih dalam tahap penjaringan untuk menentukan bakal calon gubernur (bacagub) yang akan diusung dalam Pilkada serentak 2024. 

Dalam keterangan yang disampaikan di Menteng, Jakarta Pusat, Hasto menegaskan bahwa nama-nama potensial sedang digodok dengan cermat.

“Pihak kami telah melakukan rapat maraton terhadap Kepala Daerah PDIP berprestasi yang memperoleh kenaikan kursi di DPRD kabupaten/kota lebih dari 70. Langkah-langkah konsolidasi terus dilakukan dalam rangka Pilkada serentak,” ujar Hasto, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin. 

Namun, Hasto enggan memberikan komentar lebih lanjut saat ditanya mengenai nasib Basuki Tjhaja Purnama (Ahok). Baginya, PDIP adalah partai demokrasi yang akan mengusulkan nama-nama dari tingkat daerah untuk menjadi calon gubernur dan wakil gubernur.

Sementara itu, anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak, menyampaikan bahwa beberapa nama potensial telah muncul melalui penjaringan DPD PDIP untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2024. Nama-nama tersebut antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Adi Wijaya, dan mantan Panglima TNI Andika Perkasa.

“Walaupun beberapa nama telah muncul dalam penjaringan, keputusan akhir tetap berada di tangan DPP PDIP,” ungkap Gilbert.

Dengan proses penjaringan yang sedang berlangsung, masyarakat menantikan dengan antusias siapa yang akan menjadi pilihan PDIP dalam kontestasi Pilkada 2024. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>