Connect with us

POLITIK

Abdul Mu’ti Diisukan Jadi Menteri, Busyro: Belum Ada Cerita di Internal Muhammadiyah

Published

on

AKTUALITAS.ID – Ketua PP Muhammadiyah Bidang Hukum dan HAM, Busyro Muqoddas, mengungkapkan bahwa Abdul Mu’ti, Sekretaris Umum Muhammadiyah, tidak pernah bercerita soal tawaran menjadi Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah di kabinet Prabowo Subianto kepada kolega-koleganya di Muhammadiyah. Hingga tiga hari yang lalu, tidak ada pembahasan resmi di internal Muhammadiyah terkait hal ini.

“Yang saya tahu, Pak Sekum (Abdul Mu’ti) tidak cerita apa-apa kepada kolega PP Muhammadiyah,” kata Busyro saat ditemui di kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Selasa (15/10/2024). Busyro menambahkan, tidak ada tawaran resmi kepada Muhammadiyah, berbeda dengan saat Muhadjir Effendy diangkat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beberapa tahun lalu, yang dibahas secara resmi di internal organisasi.

Meski demikian, Busyro tidak menampik bahwa Abdul Mu’ti memiliki kompetensi tinggi di bidang pendidikan. Ia menyebutkan bahwa Abdul Mu’ti adalah seorang guru besar di bidang pendidikan dan pernah menjabat sebagai Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) 2019-2023. Menurutnya, jika benar Abdul Mu’ti ditunjuk, itu karena rekam jejak dan kemampuannya.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, sebelumnya mengungkap bahwa Prabowo Subianto telah memberikan amanat kepadanya untuk memimpin Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah. Mu’ti mengaku telah menandatangani dua dokumen, termasuk pakta integritas yang berisi komitmen untuk setia kepada negara dan mendukung pemerintahan Prabowo.

Meski belum ada pengumuman resmi terkait kabinet, Busyro berharap agar jika Abdul Mu’ti benar menjadi menteri, ia fokus bekerja di pemerintahan tanpa merangkap jabatan di Muhammadiyah. (Yan Kusuma)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending