Connect with us

Berita

Kementerian ATR/BPN Ajukan Anggaran Rp14 Triliun untuk 2025

Published

on

AKTUALITAS.ID – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengajukan anggaran sebesar Rp14 triliun untuk tahun 2025. Usulan ini disampaikan dalam Rapat Kerja dengan Komisi II DPR RI di Jakarta, Selasa.

AHY mengakui adanya perbedaan signifikan antara pagu indikatif yang diberikan, yaitu Rp6,4 triliun, dengan anggaran yang diajukan oleh kementeriannya. “Kami awalnya mungkin sungkan menyampaikan keterbatasan anggaran ini, sebetulnya yang kami usulkan untuk 2025 itu hingga Rp14 triliun, sehingga kami jadi sungkan ketika tahu pagu indikatifnya Rp6,4 triliun,” ujar AHY.

Menghadapi situasi ini, AHY berharap agar anggaran Kementerian ATR/BPN untuk 2025 dapat disamakan dengan anggaran tahun 2023 sebesar Rp7,49 triliun atau anggaran 2024 yang sebesar Rp7,2 triliun. Ia menekankan pentingnya penyesuaian ini untuk memastikan kelancaran program-program kementerian.

“Kalaupun tidak, kami berharap tidak terlalu jauh dari yang kami dapatkan di tahun sebelumnya atau tahun 2023. Kalau tahun lalu Rp7,2 triliun, saat ini tengah mengajukan permohonan anggaran tambahan Rp620 miliar, artinya kalau ditambahkan kurang lebih Rp7,8 triliun atau hingga Rp8 triliun. Itu saja sangat berarti,” jelasnya.

Untuk menanggulangi defisit anggaran di tahun 2025, AHY menyatakan pihaknya sedang berusaha mendapatkan pinjaman lunak dari Bank Dunia (World Bank) sebesar 600 juta dolar AS untuk lima tahun ke depan. “Semoga cukup berarti untuk menanggulangi defisit anggaran di tahun 2025,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang, selaku pimpinan sidang menyatakan bahwa Komisi II akan membahas lebih lanjut usulan tambahan anggaran 2025 untuk Kementerian ATR/BPN. “Komisi II DPR RI akan membahasnya pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang akan datang,” ujar Junimart.

Pembahasan ini diharapkan dapat menemukan solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan anggaran Kementerian ATR/BPN, sehingga program-program penting yang direncanakan dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending