Connect with us

Nusantara

BMKG Prakirakan Hujan di 13 Wilayah Indonesia

Published

on

Prakiraan Cuaca BMKG Kalsel.(Antara/HO-BMKG Kalsel)

AKTUALITAS.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan dengan intensitas ringan akan mengguyur tiga belas wilayah di Indonesia. Prakirawan BMKG, Idhan Abubakar, dalam video Prakiraan Cuaca BMKG yang dipantau melalui kanal YouTube BMKG, Senin, menyebutkan wilayah-wilayah yang berpotensi dilanda hujan ringan tersebut.

Wilayah-wilayah tersebut meliputi Palembang, Sumatera Selatan; Lampung; Bengkulu; Serang, Banten; Jakarta; Samarinda, Kalimantan Timur; dan Gorontalo. Selain itu, hujan ringan juga diperkirakan terjadi di Palu, Sulawesi Tengah; Makassar, Sulawesi Selatan; Ternate, Maluku Utara; Ambon, Maluku; Merauke, Papua; dan Jayapura, Papua.

Selain hujan ringan, BMKG juga memprediksi tiga wilayah akan diguyur hujan dengan intensitas sedang, yaitu Mamuju, Sulawesi Barat; Sorong, Papua; dan Nabire, Papua. Sementara itu, hujan berintensitas lebat diprakirakan terjadi di Manado, Sulawesi Utara.

BMKG juga menyampaikan prakiraan cuaca berawan tebal di enam wilayah, yaitu Bandung, Jawa Barat; Yogyakarta; Semarang, Jawa Tengah; Surabaya, Jawa Timur; Palangkaraya, Kalimantan Tengah; dan Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Kota Denpasar, Mataram, dan Kota Kupang diprediksi berawan.

Prakiraan cuaca juga menunjukkan tiga daerah yang akan berawan tebal, yaitu Pekanbaru, Riau; Tanjung Pinang, Kepulauan Riau; dan Kendari, Sulawesi Tenggara.

Idhan menyampaikan bahwa informasi cuaca tersebut merupakan gambaran umum di masing-masing wilayah Indonesia. Masyarakat dapat mengetahui informasi terkini yang diperbarui setiap 3 jam melalui aplikasi Info BMKG.

“Bagi sobat BMKG yang ingin mengetahui informasi cuaca secara khusus, yang diperbarui setiap 3 jam di wilayah masing-masing, sobat dapat memantau cuaca lewat aplikasi Info BMKG yang dapat sobat unduh melalui App Store maupun Play Store,” tutup Idhan. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending