Debat Pamungkas Pilpres 2019, KPU Siapkan Enam Segmen


Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kiri) bersama dengan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) dan Ketua KPU Arief Budiman (tengah) mengikuti debat capres 2019 di Jakarta, Sabtu (30/3). Debat itu mengangkat tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional. AKTUALITAS.ID / Kiki Budi Hartawab.

AKTUALITAS.ID – Debat kelima Pilpres 2019 adalah debat pamungkas yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Adapun debat kelima Pilpres 2019 akan berisi enam segmen.

Segmen satu sendiri berisi penyampaian visi-misi oleh masing-masing pasangan calon. segmen ini sama seperti dengan debat sebelumnya.

Durasi debat kelima ini sama dengan debat keempat yakni 4 menit untuk memaparkan visi-misinya kedua pasangan Capres dan Cawapres 2019.

Untuk segmen kedua sudah fokus pada inti debat dengan menjawab pertanyaan dari Moderator yakni Bilqis Manisang news anchor dari TVOne. Pertanyaan seputar tema debat kelima yakni ekonomi.

Jokowi dan Prabowo akan menjawab secara bergantian, dilanjutkan dengan saling menanggapi jawaban peserta Capres.

Kemudian pertanyaan kedua di segemen kedua pertanyaan moderator akan menanyakan sisi kesejahteraan sosial sesuai tema debat kelima. Durasi segmen kedua diperkirakan akan terlaksana selama 12 menit.

Kemudian segemen ketiga, debat akan dimulai dengan tema keuangan dan investasi. Di segmen ini kedua kandidat capres dan cawapres mulai menjawab pertanyaan Moderator Debat sampai pertanyaan tema debat lainnya adalah tema perdagangan dan industri.

Barulah di segment keempat tarung bebas dilakukan. Dimana kedua calon presiden dan calon wakil presiden. Di sesi ini masing-masing kandidat akan diberikan waktu 2 menit untuk memberikan pertanyaan dan 2 menit untuk menjawab.

Sesi debat terbuka ini akan dilakukan dua kali dalam satu segmen. Selanjutnya pada segemen kelima, kandidat akan kembali melakukan tarung bebas.

Segemen enam atau segmen terakhir, akan diisi dengan sesi pernyataan penutup dengan masing-masing paslon diberi waktu 4 menit.

Di lokasi Hotel The Sultan, Komisioner KPU Wahyu Setyawan menjelaskan adanya perbedaan pada debat pamungkas hari ini Sabtu (13/4/2019).

“Tentu ada yang berbeda dan special dari biasanya. Karena akan ditutup dengan lagu nasional Indonesia Pusaka. Ini kami prediksi lebih mengalir dari debat sebelumnya,” imbuh Wahyu Setiawan

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>