Cara Ampuh Deteksi Pencuri Jaringan Wi-Fi


Ilustrasi /Istimewa.

AKTUALITAS.ID – Koneksi Wi-Fi terkadang lebih lambat dari sebelumnya. Sebagian besar bisa disebabkan karena salah satu penggun masuk tanpa izin. Selain itu, faktor lainnya bisa juga terjadi karena kesalah jaringan atau buruknya koneksi.

Untuk mencegah hal tersebut, ada cara yang harus dilakukan mengenai bagaimana mencari tahu siapa pencuri Wi-Fi anda dan cara memblokirnya. 

Cara Mendeteksi Pencuri Wi-Fi: 

Putuskan koneksi setiap perangkat yang biasanya terhubung dengan Wi-Fi, seperti smartphone, laptop, TV pintar dan konsol game. Jika lampu masih berkedip, ada kemungkinan seseorang sedang terhubung pada router anda dan mencuri Wi-Fi anda.

Namun, jika melepaskan semua perangkat anda sepertinya terlalu merepotkan, ada cara lain.

Untuk mengetahui siapa yang menggunakan Wi-Fi anda, hal kedua yang harus dilakukan adalah: memastikan anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang ingin anda pantau. Selanjutnya, unduh aplikasi pemantauan jaringan Fing dari Play Store atau App Store. 

Setelah mengunduh aplikasi, buka aplikasi tersebut dan anda akan melihat nama jaringan anda di layar beranda bersama dengan tombol Refsresh  dan Pengaturan. Untuk melihat semua perangkat yang terhubung dengan jaringan Wi-Fi anda, ketuk Refresh. 

Untuk melakukan proses tersebut akan mmemakan waktu beberapa menit, tetapi setelah itu anda akan melihat daftar perangkat bersama dengan indikator yang memberi tahu anda, apakah itu smartphone, PC, atau perangkat lain.

Opsi yang terakhir adalah, ketuk perangkat apa pun di jaringan anda untuk memunculkan daftar atau opsi untuk berinteraksi dengan perangkat itu, ini termasuk mengirim ping atau sinyal Wake on LAN, dan anda bahkan  dapat login perangkat tersebut terhubung dan terutus dari jaringan. 

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>