BNPB Cegah Karhutla Riau yang Ancam Sumur Minyak Pertamina


Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) , Letjen TNI Doni Monardo (Foto: Kompas.com)

Kilang minyak berjarak 40 meter dari sumber api.

AKTUALITAS.ID – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau mengancam sumur minyak milik Pertamina. Sejumlah kilang pompa minyak ini ditemukan hanya berjarak kurang dari 40 meter dari sumber api Desa Kerumutan.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo ikut terkejut dengan penemuan ini. Menurut Doni, kondisi karhutla ini sudah berada pada tingkat berbahaya. Sebab keberadaan sumur yang dekat dengan sumber api ini dapat menimbulkan kebakaran fatal.

“Ini sangat membahayakan karena ada sumur minyak yang jika tersambar api dapat menimbulkan kebakaran fatal,” tegas Doni dalam siaren pers yang diterima Aktualitas.id, Rabu (11/9/2019).

Sebelumnya Doni tengah melakukan kunjungan kerja dengan agenda pemantauan lapangan langsung karhutla di Provinsi Riau. Doni Monardo beserta rombongan mendarat di lapangan Desa Kerumutan setelah terbang selama 1,5 jam menggunakan helikopter dari Bandara Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Riau.

Ads Aktualitas

Sepanjang perjalanan Doni menyaksikan langsung dua helikopter water bombing yang melakukan penyiraman pada sejumlah titik api dengan asap tebal. Pada saat yang sama, rombongan kemudian dikejutkan dengan adanya sejumlah kilang pompa minyak milik Pertamina yang hanya berjarak kurang dari 40 meter dari sumber api Desa Kerumutan. [Muktasim Billah/Kiki Budi Hartawan]

Ads Aktualitas