BMKG Prediksi Suhu Panas Ekstrim Masih akan Terjadi Hingga 7 Hari Kedepan


Foto : Istimewa

AKTUALITAS.ID – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika memperediksi suhu panas tinggi masih akan melanda disejumlah wilayah tanah air. Terutama diwilayah selatan Khatulistiwa selama tiga hingga tujuh hari kedepan.

Kepala Bidang Prediksi Cuaca BMKG Muhammad Fadli,  selain kuatnya hembusan angin timuran atau masa udara kering dari Australia, suhu panas yang mencapai 39 derajat celcius juga disebabkan adanya siklus semu matahari yang beredar tepat diatas wilayah Kepualauan Indonesia, Jakarta, Kamis, (24/10).

Cuaca panas dengan suhu mencapai 39 derajat celcius belakangan ini dirasakan masyrakat yang tinggal dibeberapa wilayah Indonesia, terutama yang tinnggal diwilayah selatan khatulistiwa. Cuaca panas yang terasa menyengat sejak pagi hingga sore hari bahkan telah terjadi sejak 19 Oktober 2019 lalu.

Tak hanya pulau jawa, sekjumlah wilayah lain yang mengalami cuaca serupa adalah, Nusa Tenggara, Bali, Sumatera, Kalimatan dan juga Sulawesi.

Masih kuat nya hembusan angin timuran atau masa udara kering dari Australia memicu peningkatan suhu panas hingga menacapai 39 derajat celsius. Sebab lainnya adalah adanya siklus semu matahari yang beredar tepat diatas Kepulauan Indonesia dan minimnya pertumbihan awan sehingga radiasi matahari yang masuk kepermukaan cukup tinggi.

BMKG menghimbau agar tetap waspada dan cukup minum air putih agar terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan dan bagi yang beraktifitas diluar ruangan dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang dapat menyerap radiasi matahari.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>