Mendikbud: Masih Mengkaji Wacana Penghapusan UN


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim

AKTUALITAS.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim, menegaskan pihaknya masih terus melakukan pengkajian terkait wacana penghapusan Ujian Nasional. Menurutnya esensi UN sebagai tolak ukur keberhasilan siswa dan pendidikan kurang tepat.

“Masih sedang dikaji, masih dalam tim. Kita bertahap. Ada asasmen dan evaluasi, jadi ditunggu ya,” kata Nadiem di Gedung Kemendikbud, Sabtu (30/11).

Namun Nadiem memastikan bahwa Ujian Nasional masih akan tetap dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang. Penghapusan UN baru akan direalisasikan setelah tahun 2020.

“Yang pasti tahun 2020 masih akan berjalan dan itu sudah kami umumkan, supaya tenang bagi siswa yang sudah belajar,” ujarnya.

Sebelumnya Nadiem menyampaikan maksud dan makna dari tes skala nasional. Menurutnya adalah evaluasi terhadap sistem pendidikan, yaitu sekolah maupun area geografis, serta kenyataan di lapangan itu menjadi tolak ukur untuk prestasi siswa.

“Ini lah kesalahan yang menurut saya terjadi. Siswa yang mungkin bisa dirugikan dan merasa dia itu gagal kalau angkanya tidak memadai,” katanya.

Nadiem melanjutkan, lantaran kurikulumnya sangat padat, materinya begitu besar, yang tadinya esensi kurikulum 2013 sangat baik yaitu unit of inquiry (eksplorasi mendalam sebuah konsep- red)multi disiplin, namun karena banyaknya dan semuanya harus kejar tayang, jadinya itu menjadi secara otomatis proses penghafalan.

“Mau gimana lagi? Kasihan murid kita. Jadi itu yang akan kita kaji lagi. Tapi menurut saya secara personal harus ada tolak ukur dalam skala nasional,” katanya.

“Tapi formatnya jangan membebankan siswa dan jangan membebankan guru. Harus yang berdasarkan yang kita cari yaitu kompetensi dasar. Itu kuncinya. Bukannya berapa jumlah informasi yang sudah terserap,” ujarnya.

Karena itu, ia mengimbau kepada semua pihak untuk bersabar terkait soal ujian nasional tersebut karena harus dirapatkan terlebih dulu.

“Jadi mohon sabar, tunggu kabarnya. Kami akan segera merumuskan rencana ke depan,” ujarnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>