Jokowi Jamin Munas Golkar Tidak Ada Intervensi Istana


Jokowi memberikan kata sambutan di HUT ke-55 Golkar, ( Foto: Twitter @fraksigolkar)

AKTUALITAS.ID – Wakil Koordinator bidang Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengundurkan diri sebagai calon Ketua Umum Partai Golkar. Berbagai macam dugaan pun muncul terkait alasan Bamsoet mundur dari bursa caketum Golkar. Salah satunya, dugaan adanya intervensi Istana.

Presiden Joko Widodo membantah adanya dugaan tersebut. Bantahan tersebut dia sampaikan saat menyampaikan pidato dalam acara Munas X Partai Golkar di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Selasa malam, (3/12).

“Jangan ada yang berprasangka tak baik. Katanya kemarin Istana intervensi. Tidak ada saya jamin tidak ada. Memang betul tidak ada,” kata Jokowi di Jakarta.

Jokowi bahkan menguatkan pernyataannya tersebut dengan meminta apabila ada pimpinan DPD Partai Golkar di daerah mana pun yang merasa dipanggil oleh lingkaran Istana agar mengakuinya. Dari hal tersebut kata dia, tak ada satu DPD pun yang dipanggil oleh lingkaran Istana.

“Katanya (Istana) kumpulkan DPD, DPD mana yang dikumpulkan. Coba kalau ada yang dikumpulkan sini maju saya beri sepeda. Silakan kalau ada. Silakan kalau ada DPD yang dikumpulkan mensesneg maju ke depan saya beri sepeda betul,” kata Jokowi lagi.

Saat tudingan tersebut didengar olehnya, Jokowi mengaku langsung memanggil Mensesneg Pratikno.

“Begitu ada suara itu langsung saya tanyakan langsung apa betul itu? Tidak pak. Ya sudah, rampung,” kata Jokowi.

Jikapun ada menteri yang memanggil DPD Golkar, Jokowi meyakini pasti menteri yang berasal dari Golkar karena menurut dia tak mungkin menteri di luar Golkar memanggil pimpinan DPD Golkar.

“Kalau ada menteri yang manggil DPD, ya menteri nya Golkar pasti. Pak Zainudin Amali atau pak Luhut bisa saja memang kader Golkar semuanya. Kalau ada menteri di luar Golkar manggil-manggil DPD, sini ke depan saya beri sepeda. Betul,” ujarnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>