Diguyur Hujan Es, Sejumlah Rumah Rusak di Batu Raden


Ilustrasi Hujan Es, (Foto:Ist)

AKTUALITAS.ID – Sejumlah rumah dan pohon roboh akibat hujan es sebesar batu kerikil, di Desa Kemutug Kidul dan Desa Kemutug Lor, di Kecamatan Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah, Rabu 25 Desember 2019.

Kepala Desa Kemutug Kidul, Kardi Daryanto menjelaskan, hujan es sebesar batu kerikil itu terjadi pada pukul 16.00 WIB hingga 16.30 WIB.

“Banyak warga yang kaget karena atap seng dan gendeng berbunyi seperti dilempari batu kerikil,” kata Kardi Daryanto seperti dilansir KRJogja.com, Kamis (26/12).

Setelah dicek di luar ternyata terjadi hujan es sebesar batu kerikil. Menurutnya, selain di Desa Kemutug Kidul, hujan es juga terjadi di Desa Kemutug Lor. Sejumlah pengendara yang lewat jalan Desa Kemutug Kidul dan Kemutug Lor terpaksa harus berhenti dan berlindung di rumah warga yang ada di tepi jalan.

Selaih hujan es juga ada angin yang menyebabkan pohon dan rumah warga ada yang roboh, di sejumlah desa lainya di Kecamatan Baturraden dan Kecamatan Sumbang.

Sementara itu, Kordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Banyumas, Ady Candra menjelaskan, pihaknya masih melakukan pertolongan, mengevakuasi warga yang rumahnya roboh diterjang angin puting beliung dan kerobohan pohon.

“Untuk sementara kami masih memberikan pertolongan dan mengevakuasi korban dan membersihkan. Untuk data rumah yang roboh masih dalam pendataan,” kata Ady Candra.

Dari data sementara yang diperoleh sejumlah rumah roboh yang terjAdi yakni empat rumah di Desa Gandatapa, satu rumah di Desa Banjarsari Wetan, dan Desa Kotayasa, Kecamatan Sumbang.

Selain rumah roboh juga ada pohon yang tumbang menutupi jalan di sejumlah ruas jalan di Kecamatan Sumbang, dan Baturraden. Hingga berita diturunkan petugas gabungan Tagana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Linmas masih melakukan pertolongan dan membersihkan pohon yang tumbang dan membantu warga yang rumahnya roboh.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>