Ingin Menang Pilkada Serentak di Jatim, PDIP Andalkan ‘Guraklih’


AKTUALITAS.ID – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP) Jawa Timur tak mau setengah-setengah dalam berkompetisi di pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020. Sebuah tempat pelatihan bernama Wisma Perjuangan di Batu diresmikan. Di wisma itulah para kader digembleng untuk memenangkan pilkada.

Wisma Perjuangan langsung dipakai untuk sekolah kader setelah diresmikan pada Kamis malam, 26 Desember 2019. Para kader PDIP digembleng sampai Senin, 30 Desember 2019.

“Namanya pelatihan regu penggerak pemilih atau Guraklih,” kata Ketua PDIP Jatim, Kusnadi, dalam keterangan tertulisnya pada Sabtu, (28/12/2019).

Guraklih, katanya, dilaksanakan sebagai bagian dari upaya memenangkan pilkada serentak di Jatim 2020 mendatang. Diharapkan, sepulang dari pelatihan para peserta segera melakukan rekrutmen dan pelatihan sepulang mengikuti pelatihan. “Sepulang dari sini (Wisma Perjuangan), (kader) segera merekrut Guraklih dan melatihnya,” ujar Kusnadi.

Ketua DPRD Jatim itu menjelaskan, maksud dari pelatihan yang diikuti peserta dari 19 kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada 2020 untuk mewujudkan PDIP sebagai partai pelopor seperti amanat Kongres Bali 2019. “Ada lima syarat bagi sebuah partai untuk menjadi partai pelopor. Disiplin ideologi, disiplin organisasi, disiplin teori, disiplin program, dan disiplin tindakan,” katanya.

Sekretaris PDIP Jawa Timur Sri Untari Bisowarno menambahkan, Wisma Perjuangan yang terletak di Kota Batu, siap melakukan pendidikan politik kepada kader partai, maupun masyarakat umum.

Menurut Untari, sesuai undang-undang, salah satu tugas partai politik adalah melakukan pendidikan politik kepada seluruh anggotanya atau pun kepada masyarakat. “Sebagai partai pelopor, partai pemenang pemilu, kami ingin memelopori partai politik yang menyediakan tempat khusus kader partai maupun masyarakat dalam pendidikan politik khususnya.”

Selama beberapa hari ke depan, peserta dibekali materi-materi seputar tugas pokok dan fungsi Guraklih. “Peserta dari 19 DPC yang akan mengikuti pilkada 2020, akan dibekali dengan materi-materi pemetaan, survei, dan penggalangan,” kata Ketua Sekolah TOT Guraklih, Hari Yulianto.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>