Ratusan TNI-Polri Amankan Proses Karantina WNI dari Wuhan


tni, apel,
Pasukan Gabungan TNI-Polri saat mengikuti Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di lapangan silang Monas, Jakarta, Jumat (30/11/2018). Apel kesiapan ini diikuti 50.000 personel dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Polri.

AKTUALITAS.ID – Ratusan personel Polri dan TNI berjaga mengamankan pulau Natuna, tempat karantina Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah dipulangkan dari Wuhan, China. Personel gabungan itu ditugaskan untuk mengamankan proses karantina ratusan WNI tersebut.

“Kalau Polri sendiri ada 150 personel gabungan Polda dan Polres. Kalau gabungan total ada 350 personel,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Komisaris Besar Polisi Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (3/2/2020).

Asep menambahkan, situasi di Natuna saat ini sudah kondusif. Memang sempat ada penolakan warga di Natuna yang tak ingin tempatnya dijadikan tempat karantina WNI tersebut.

“Situasi sudah kondusif. Sudah ada dialog antara warga dan aparat. Kita doakan semuanya berjalan kondusif,” katanya.

Seperti diketahui, para WNI yang tinggal di Wuhan, China, telah tiba di Tanah Air. Sebanyak 238 WNI itu, akhirnya mendarat di Batam, sebelum diterbangkan ke Natuna, Kepulauan Riau. Pada Minggu pagi, 2 Februari 2020, pesawat Batik Air mendarat dengan selamat di Bandara Hang Nadiem.

Lalu, seluruh WNI tersebut akan dipindahkan ke pesawat TNI AU dan menuju Lanud Raden Sajak di Natuna, untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Namun, seluruh 238 orang tersebut telah dinyatakan sehat dan tidak mengidap Virus Corona.

WNI akan ditempatkan di dalam sebuah gedung mirip hanggar, puluhan tenda sudah didirikan untuk menampung mereka selama 14 hari proses observasi.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>