Surah Al-Mulk Terhindari Siksa Kubur dan Api Neraka


Dalam sebuah hadis sahih riwayat Imam Abu Dawud dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW pernah bersabda:

Keutamaan Surat Al-Mulk

“Satu surat dalam Alquran (yang terdiri dari) tiga puluh ayat (pada hari kiamat) akan memberi syafaat (dengan izin Allah Taala) bagi orang yang selalu membacanya (dengan merenungkan artinya) sehingga Allah mengampuni (dosa-dosa)nya, (yaitu surat al-Mulk): “Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu”. Dalam riwayat lain: “Sehingga dia dikeluarkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga”

Hadis yang disebut di atas menunjukkan betapa besarnya keutamaan membaca surat tabarak/ Al Mulk secara istiqomah, karena ini merupakan sebab untuk mendapatkan syafaat berupa terbebas dari siksa kubur dan siksa neraka.

Hadis ini semakna dengan hadits lain dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Satu surat dalam al-Quran yang hanya (terdiri dari) tiga puluh ayat akan membela orang yang selalu membacanya (di hadapan Allah Taala) sehingga dia dimasukkan ke dalam surga, yaitu surat: “Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan” (HR ath-Thabarani dalam “al-Mujamul ausath”)

Abdullah bin Masud mengatakan: “Barangsiapa membaca surat Tabarokalladzi bi yadihil mulk setiap malam, maka Alloh azza wajalla menghindarkannya dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rosulullah -shollallohu alaihi wasallam- (masih hidup) menamainya “al-Maniah” (penghindar/penghalang). Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabullah, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan” (HR. Nasai dengan redaksinya, diriwayatkan pula oleh al-Hakim dan ia mengatakan: sanadnya sahih)

Subhaanallah.. Betapa besar rahmat Allah yang dikaruniakan pada hambaNya.. Mumpung masih ada kesempatan, Tunggu apalagi.. Mari kita istiqomahkan membaca surat al-Mulk ini agar terhindar dari siksa kubur dan api neraka.