Cuaca Indonesia Panas, Luhut Prediksi Pandemi Virus Corona Tak Lama


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, (Foto : Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, memperkirakan pandemi virus corona tidak akan lama berlangsung di Indonesia, ketimbang negara-negara lain. Menurut dia, Indonesia punya karakteristik berbeda lantaran virus berbahaya tersebut tidak akan tahan lama berada bagi negara yang mengalami iklim tropis.

“Dari hasil modelling, cuaca Indonesia yang panas dan humidty tinggi maka untuk Covid-19 itu enggak kuat,” ucap Luhut, Kamis (2/4/2020).

Meski diuntungkan, kata Luhut, pemerintah tetap mengimbau agar masyarakat selalu waspada. Sebab, imbauan pembatas fisik antar masyarakat dianggap sangat membantu mencegah penularan virus lebih luas lagi.

“Kalau jaga jarak tak dilakukan ya tidak berarti. Makanya sekarang tergantung kita,” ujarnya.

Sebelummya diberitakan, Luhut mengimbau agar masyarakat tidak mudik untuk tahun ini. Imbauan itu disampaikan agar mencegah penularan virus corona ke daerah-daerah.

“Pemerintah dan seluruh tokoh masyarakat mengimbau atas dasar kesadaran bersama agar masyarakat tidak melaksanakan mudik tahun ini,” ujar Luhut usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Kamis, (2/4/2020).

Luhut bilang imbauan ini tampaknya agak sulit. Meski sudah ada larangan, Pelaksana Tugas Menteri Perhubungan tersebut tetap meminta kesadaran masyarakat.

“Jadi kami imbau, kesadaran, bahwa kalau Anda mudik pasti bawa penyakit, hampir pasti bawa penyakit,” tutur Luhut.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>