Update Corona Sumbar 6 Mei: 238 Positif, 38 Sembuh, 16 Meninggal


Ilustrasi virus corona, Foto/Ist

AKTUALITAS.ID – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat mengumumkan ada 17 kasus baru positif virus corona, sehingga total ada 238 hingga Rabu (6/5/2020). Dari jumlah itu, sebanyak 38 sembuh dan 16 orang meninggal dunia.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal memaparkan penambahan 17 kasus baru terjadi di sejumlah daerah. Penambahan 6 kasus terjadi di Kota Padang yang berasal dari klaster Pasar Raya Padang dan Pengambiran.

Mereka adalah ibu rumah tangga, mahasiswa, pedagang, tenaga kesehatan, dan pegawai Dinas Pekerjaan Umum. Semuanya melakukan isolasi mandiri di rumah.

Kemudian ada penambahan 5 kasus di Kabupaten Agam. Kelimanya merupakan wanita yang bekerja sebagai tenaga kesehatan di Puskesmas Baso. Mereka kini isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Kemudian, ada penambahan 3 kasus di Kota Payakumbuh. Ketiganya tertular dari warga setempat yang lebih dahulu positif terinfeksi virus corona.

Selebihnya terjadi di Solok Selatan, yakni tiga kasus. Hal ini merupakan yang pertama bagi kabupaten itu. Mereka adalah ibu rumah tangga, mahasiswa, dan guru.

Dua orang di antaranya melakukan isolasi mandiri di rumah. Sisanya, yakni satu orang lagi dirawat di Semen Padang Hospital. Dia adalah ibu rumah tangga, yang berusia 80 tahun.

Dari total 238 kasus positif di Sumbar, di Padang ada 137, Padang Panjang 19, Pesisir Selatan 16, Dharmasraya 13, Bukittinggi 6, Payakumbuh 10, Tanah Datar 7, Kabupaten Solok 5, Padang Pariaman 5, Mentawai 4, Agam 9, Pasaman 2, Pariaman 1, Pasaman Barat 1, dan Solok Selatan 3.

Kini di Sumbar juga terdapat 502 pasien dalam pengawasan (PDP). Sebanyak 60 orang di antaranya masih dirawat sambil menunggu hasil tes laboratorium keluar, sedangkan 441 orang dinyatakan negatif dan 2 orang melakukan isolasi mandiri.

Sementara itu, orang dalam pemantauan (ODP) yang masih dipantau berjumlah 262 orang. Sebanyak 135 orang dikarantina pemda dan 127 isolasi mandiri. Ada 8.376 orang yang telah selesai dipantau.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>