Wagub DKI Pastikan Sembako Bansos Corona Diisi Produk Berkualitas


Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

AKTUALITAS.ID – Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria memastikan bahwa paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat penerima manfaat berkualitas. Hal ini menanggapi adanya pertanyaan terkait komposisi bansos sembako yang diterima masyarakat. Misalnya dari jumlah Rp 300.000 berapa nilai bahan pokok yang ada di dalam satu paket.

Dia menjelaskan, dari jumlah Rp 300.000 tersebut, bahan pokok yang dibagikan senilai Rp 270.000. Sisanya sebesar Rp 30.000 merupakan biaya pengemasan, ongkos distribusi, dan pajak.

“Jadi gini, kalau terkait harga kan sangat transparan. Dari Rp 300.000 kita atur net-nya Rp 270.000 nilai sembakonya. Rp30. 000 distribusinya kardusnya, termasuk pajaknya di situ. Jadi kita ini transparan,” ungkap Riza dalam diskusi daring, Jumat (26/6/2020).

Dia pun memastikan bahwa kualitas sembako yang diberikan kepada warga pun terjamin. Pengakuan akan jaminan mutu bansos sembako bukan hanya semata datang dari pihak Pemprov, melainkan dari pihak lain yang memang memiliki kapasitas.

“Jakarta sendiri membagikan sembako itu mendapatkan apresiasi dari YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) bahwa Jakarta itu tidak memasukkan gula, karena dapat merangsang diabetes. Tidak memasukkan mie instan, itu kan kurang bergizi lah,” urai dia.

Karena itu, Riza berani memastikan bahwa kualitas bansos sembako yang disalurkan DKI benar-benar terjamin. “Kalau soal nilai teman-teman bisa cek. Soal kualitasnya juga bisa cek. Itu kan nggak ada yang bisa ditutup-tutupi. Kualitas berasnya, kualitas minyak gorengnya, kualitas sarden, semua sangat bisa dicek,” tegas dia.

“Dan sejauh sampai hari ini saya belum pernah mendengar satupun ada yang mengeluhkan terkait dari kualitas yang kami berikan. Bicara jumlah juga begitu,” katanya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>