Sebelum Ada Vaksin, Jokowi Sebut Masker Kunci Pencegahan Covid


Presiden Joko Widodo

AKTUALITAS.ID – Presiden Joko Widodo menyebut pemakaian masker merupakan kunci penting mencegah penularan virus corona (covid-19) sebelum vaksin ditemukan. Saat ini pemerintah tengah memproduksi vaksin yang rencananya mulai didistribusikan kepada masyarakat tahun depan.

Diketahui Indonesia melalui kerja sama dengan Bio Farma sedang melakukan uji klinis tahap ketiga vaksin Covid-19, Sinovac, dari China.

“Terkait pemakaian masker, harus disampaikan terus menerus. Ini kunci sebelum vaksin ditemukan adalah pemakaian masker,” ujar Jokowi saat memberikan arahan pada gubernur dalam rapat terbatas terkait penanganan covid-19 melalui siaran di akun Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (1/9/2020)

Jokowi meminta agar jajarannya dan para gubernur mengawasi kepatuhan masyarakat dalam menggunakan masker. Ia juga menegaskan agar sanksi bagi masyarakat yang tak menggunakan masker dapat betul-betul dijalankan.

Jokowi sebelumnya telah menerbitkan Instruksi Presiden yang memuat sanksi bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.

“Tentu akan lebih baik lagi kalau pengawasan di lapangan betul-betul dilakukan. Pemberian sanksi bagi yang tidak patuh juga betul-betul dilakukan sehingga kedisiplinan kita betul-betul dikerjakan seluruh masyarakat,” katanya.

Mantan Wali Kota Solo itu juga meminta pembagian masker dan kampanye masker yang lebih masif agar semakin banyak masyarakat yang patuh terhadap protokol kesehatan.

“Pembagian masker, kampanye masker harus masif dilakukan sampai ke kampung-kampung dan desa-desa. Libatkan tokoh masyarakat, PKK, RT, RW, saya kira bapak ibu sudah sangat paham,” ucapnya.

Sebelumnya, Indonesia tengah melakukan pengembangan vaksin virus corona. Sejauh ini telah ada tiga kandidat vaksin dari China yang akan dipakai di Indonesia jika sudah siap disebarluaskan.

Tiga kandidat vaksin dari China itu yakni vaksin Sinovac yang bekerja sama dengan Bio Farma, serta vaksin Sinopharm. Terbaru, Indonesia sedang berdiskusi dengan perusahaan China yaitu Cansino untuk mendapat vaksin Covid-19.

Untuk vaksin dari Sinovac, sudah dalam uji klinis tahap ketiga. Salah satu relawan uji klinis ini adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>