Politisi Gerindra Tegaskan Warga Sumbar Sangat Pancasilais


Juru Bicara Partai Gerindra Andre Rosiade /Istimewa

AKTUALITAS.ID – Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat (Sumbar), Andre Rosiade, turut berkomentar mengenai ucapan Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang berharap provinsi Sumbar mendukung negara Pancasila.

Andre menegaskan, bahwa rakyat Sumbar sangat Pancasilais. Sebab, banyak tokoh pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia yang lahir dari tanah Minang. Sehingga, Sumbar adalah provinsi yang sangat mendukung negara Indonesia yang berlandaskan Pancasila.

“Saya sebagai orang yang lahir dan besar dan menjadi anggota DPR RI mewakili Sumbar ingin menegaskan bahwa Sumbar itu provinsi yang pancasilais. Orang Minang sangat pancasilais. Bagi kami Pancasila, UUD 1945 dan juga NKRI, sudah final,” kata Andre, Kamis (3/9/2020).

“Lalu saya ingin mengingatkan Mba Puan ya. Ada tim 9 ya yang membantu merumuskan kalimat kalimat Pancasila dari panitia itu 3 orang berasal dari Minang. Bung Hatta, Bung Yamin dan Haji Agus Salim,” imbuh Andre.

Bahkan, kata Andre, teks proklamasi yang dibacakan oleh Presiden Soekarno turut ditandatangani oleh Bung Hatta. Artinya, bahwa Sumbar adalah bagian dari wilayah Indonesia yang sangat mendukung Pancasila sebagai dasar negara.

Akan tetapi, Andre meyakini pernyataan Puan tersebut tidak dimaksudkan untuk mendiskreditkan rakyat Sumbar. Namun, dia menyarankan agar Puan menyampaikan klarifikasi atas pernyataannya yang telah menimbulkan kontroversi tersebut.

“Saya ingin berprasangka baik saja, bahwa pernyataan itu tidak bermaksud mendiskreditkan rakyat Sumbar. Nah saran saya supaya tak berpolemik berkepanjangan Mba Puan ini klarifikasi. Jangan sampai, mohon maaf, Mba Puan punya persepsi karena PDIP tak menang di Sumbar seakan akan kami tak Pancasilais gitu. Kami sangat Pancasilais,” tutup Andre.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>