Tekan Lonjakan Kasus Covid-19, Kota Madrid kembali Lockdown


Warga membawa tas belanja berjalan di jalan yang sepi di tengah kebijakan lockdown nasional untuk menekan penyebaran virus corona di Madrid pada 27 Maret 2020. Spanyol menjadi negara kedua dengan jumlah kematian terbanyak akibat wabah virus corona, di bawah Italia. (Photo by Gabriel BOUYS / AFP)

Pemerintah ibu kota Madrid, Spanyol, pada Senin (21/9) kembali memberlakukan pembatasan sosial dan penguncian wilayah (lockdown) untuk menahan lonjakan kasus virus corona (Covid-19).

Langkah pembatasan di Madrid akan berlangsung selama dua pekan dan berlaku mulai Senin. Warga hanya diizinkan bepergian dengan alasan penting seperti urusan pekerjaan, urusan kesehatan, atau mengantar anak-anak ke sekolah.

Melansir AFP, langkah itu dinilai akan berpengaruh kepada orang-orang yang tinggal di lingkungan padat penduduk dan berpenghasilan rendah.

Pada Minggu pekan lalu, orang-orang yang terkena dampak di beberapa distrik dilaporkan turun ke jalan untuk memprotes langkah pembatasan tersebut.

Mereka memasang plakat bertuliskan “Tidak untuk penguncian berbasis kelas” atau “Mereka menghancurkan distrik kita dan sekarang mereka mengunci kita”.

“Kami pikir mereka sedikit menertawakan kami,” kata seorang perawat, Bethania Perez, saat ratusan orang memprotes tindakan tersebut.

“Kami (tenaga medis) masih bisa bekerja, dan pergi ke daerah lain yang tidak terkunci, di mana kami mungkin dapat meningkatkan infeksi dan juga masih rentan terhadap infeksi di daerah kami sendiri,” tambahnya.

Pihak berwenang di Spanyol berkeras bahwa langkah tersebut diperlukan karena kasus infeksi di distrik tersebut jauh lebih tinggi daripada angka rata-rata secara nasional.

Amerika Serikat tetap menjadi negara yang paling terpukul di dunia dengan lebih dari 6,8 juta kasus dan mendekati 200 ribu kematian.

Sejauh ini, jumlah kasus infeksi Covid-19 secara global mendekati 31 juta jiwa dan menyebabkan lebih dari 958 ribu orang meninggal.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>