Pilpres AS 2020, Trump Pede Kantongi Kemenangan


Calon presiden petahana Donald Trump percaya diri akan mengantongi ‘kemenangan indah’ atas rivalnya, Joe Biden dalam pemilihan presiden Amerika Serikat tahun ini.

“Kita akan meraih kemenangan indah lagi besok,” kata Trump di hadapan pendukungnya di Michigan, Senin (2/11) seperti dilansir AFP.

“Kami akan membuat sejarah sekali lagi,” katanya.

Trump mengalahkan Hillary Clinton di negara bagian Michigan dalam pemungutan suara pada 2016. Kali ini ia kembali optimis mengantongi suara dominan di Michigan.

Warga AS akan menentukan pilihan dalam Pilpres AS pada hari ini, Selasa (3/11) pukul 06.00 waktu setempat. Pemenang pilpres akan ditentukan berdasarkan electoral college di masing-masing negara bagian untuk menentukan hasil dalam sistem pemenang kontroversial yakni ‘sistem pemenang mengambil semua (winner-takes-all-system)’.

Pelaksanaannya dilakukan setelah popular vote dilakukan. Jumlah pemilih Electoral College tergantung dari luas wilayah negara bagian dan populasinya. Negara bagian California adalah yang terbanyak dengan 55 orang pemilih electoral.

Electoral College terdiri dari 538 pemilih yang terpilih dalam pemilihan umum sebelumnya. Calon presiden yang mendapatkan mayoritas 270 suara dalam tahap ini akan memenangkan pemilu presiden.

Sejauh ini secara nasional, lebih dari 91,6 juta suara telah masuk yang mewakili sekitar 67 persen dari lebih dari 136,5 juta surat suara dalam pemilihan presiden 2016 lalu.

Sebanyak 35 negara bagian dan Washington DC juga telah melewati setengah dari total pemberian suara mereka pada 2016, termasuk 13 dari 16 negara bagian dengan peringkat paling kompetitif oleh CNN, yakni Texas, Georgia, North Carolina, Nevada, Florida, Arizona, Colorado, Wisconsin, Maine, Iowa, Michigan, Minnesota, dan Nebraska.

Sekitar setengah dari suara yang sudah berpartisipasi berasal dari 16 negara bagian kunci yang akan memainkan peran penting dalam menentukan siapa yang memenangkan kursi kepresidenan tahun ini.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>