Usai Bencana, Pemerintah Bangun Drainase dan Tanam Pohon


Kader PKPI sekaligus staf khusus milenial Presiden, Angkie Yudistia, saat memberikan motivator dalam acara bimbingan teknis nasional PKPI di Jakarta, Jumat (13/12). Bimbingan teknis nasional PKPI ini mengangkat tema 'PKPI Tegak Lurus Setia Mendukung Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara Dalam Menghadapi Tantangan Global. AKTUALITAS.ID/Munzir

AKTUALITAS.ID – Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia mengatakan pemerintah langsung membangun drainase dan menanam pohon usai sejumlah daerah diterpa bencana alam.

Angkie menyampaikan langkah itu sebagai upaya mencegah bencana susulan. Langkah itu juga jadi bagian tanggap darurat yang diarahkan Presiden Joko Widodo.

“Upaya antisispasi yang dimaksud adalah perbaikan drainase untuk penanggulangan banjir dan menanam bibit pohon di area yang berpotensi terjadi bencana,” kata Angkie dalam keterangan tertulis, Selasa (19/1/2021).

Pemerintah juga berupaya mencari korban bencana dan merelokasi warga terdampak. Pemerintah pun terus memastikan bantuan untuk para korban bencana tersalurkan dengan baik.

Angkie menyebut pemerintah menerjunkan anggota TNI-Polri untuk mengantar bantuan. Hal itu dilakukan agar penyaluran bantuan bisa cepat dan berjalan baik.

“Sejumlah bantuan logistik, seperti peralatan medis, peralatan dapur, dan tenda pengungsian untuk warga yang terdampak bencana alam di sejumlah daerah terus didistribusikan ke tiap-tiap lokasi oleh pemerintah,” ujarnya.

Angkie berkata pemerintah juga tidak melupakan kondisi pandemi. Pemerintah melakukan upaya pencegahan penularan Covid-19 di pengungsian.

“Pemerintah sudah membangun tenda secara terpisah antara lansia dan non-lansia. Tak hanya itu, di lokasi pengungsian juga disediakan pemeriksaan rapid test antigen untuk para pengsungsi,” ucapnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>