Tekan Angka Pengangguran, Pemprov DKI Buka Pelatihan Kerja


Ilustrasi-Pengangguran, (Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Pemprov DKI Jakarta terus membuka kesempatan dengan program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) dalam berbagai bidang. Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta, Andri Yansyah menyatakan untuk KSBB ketenagakerjaan dilakukan melalui program pelatihan kerja yang bertujuan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Salah satunya melalui peningkatan kompetensi pencari kerja, dengan melibatkan dunia usaha dan dunia industri dan atau instansi lain, sehingga tercipta link and match agar pencari kerja mampu berdaya saing dan berwirausaha,” kata Andri dalam keterangannya, Kamis (11/2).

Kata dia, pelatihan kolaborasi telah melibatkan 31 kolaborator dan berhasil mengajak 3.591 peserta pelatihan pada tahun 2020. Untuk pelatihan soft skill, hard skill menyasar para pencari kerja dan pekerja yang ter PHK ataupun dirumahkan.

Lanjut Andri, berdasarkan data yang dirilis oleh BPS Provinsi DKI Jakarta, jumlah pengangguran di Ibu Kota per Agustus 2020 sebanyak 572.780 orang.

“Kami harap setelah pelatihan, peserta akan mendapatkan peningkatan skill atau keterampilan. Bahkan ada beberapa kolaborator yang memberikan bantuan alat kerja, hal itu kami harap dapat dimanfaatkan para peserta untuk bekal menjadi wirausaha,” ucapnya.

Selain itu, Andri menyatakan pihaknya masih terus menyelenggarakan program kolaborasi pelatihan dengan berbagai perusahaan di berbagai bidang.

“Seperti bidang elektro, IT, desain grafis, tata boga, tata busana, tata rias, UMKM, transportasi, dan lain sebagainya,” jelas dia.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>