Banyak PHK Akibat Pandemi, Jokowi Minta Pemda Perbanyak Program Padat Karya


Presiden Joko Widodo

AKTUALITAS.ID – Presiden Joko Widodo ingin pemerintah daerah memaksimalkan padat karya dalam menjalankan program pembangunan sekaligus menggelontorkan belanja sosial. Ini merupakan beberapa upaya untuk memperbaiki perekonomian dan mengatasi pengangguran di masa pandemi Covid-19.

Ia menyoroti banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK) karena banyak pabrik yang berhenti produksi saat pandemi. APBD yang dimiliki pemerintah harus bisa menjadi solusi dalam membuat lapangan pekerjaan kepada masyarakat di lapis bawah.

“Perbanyak program padat karya untuk penciptaan lapangan pekerjaan sambil menunggu ekonomi kembali pulih sepenuhnya. Memperbaiki jalan (menggunakan) padat karya. Membangun irigasi, padat karya. Membangun sekolah, padat karya. Ini akan menggerakan ekonomi daerah dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat kita,” ucap dia seperti dikutip merdeka.com melalui akun youtube Sekretariat Presiden, Rabu (14/4/2021).

“Kemudian juga segera eksekusi yang namanya belanja sosial, bantuan sosial karena rakyat menunggu, rakyat membutuhkan. Dari pusat ada bantuan sosial. Dari daerah yang kira-kira titik-titik yang belum tersentuh bantuan sosial dari pusat, berikan oleh daerah,” tegas dia.

Belanja sosial ini pun harus bisa menyentuh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Bantuannya bisa berupa permodalan produksi maupun pemasarannya.

“Utamakan mereka usaha mikro, usaha kecil,” katanya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>