Ada Serangan Wabah Tikus, Ratusan Napi di Penjara Australia Terpaksa Dievakua


Ilustrasi Penjara, (Foto: Ist)

Wabah tikus yang melanda lahan pertanian Australia memaksa evakuasi ratusan narapidana dari penjara di wilayah pedesaan pada Selasa (22/6), karena tikus masuk ke dalam lapas dan menggerogoti bangunan tersebut.

Puluhan tikus menggerogoti panel langit-langit dan kabel di penjara New South Wales (NSW), mendorong pihak berwenang untuk mengurangi operasi untuk perbaikan.

“Kesehatan, keselamatan, dan ketenangan staf dan narapidana adalah prioritas nomor satu kami, jadi penting bagi kami untuk bertindak sekarang untuk melakukan penanganan yang vital,” jelas Peter Severin dari Badan Lapas NSW, dilansir The Straits Times, Rabu (23/6).

Total sampai 420 narapidana dan 200 staf dari Pusat Pemasyarakatan Wellington akan dipindahkan ke fasilitas lain pada akhir bulan.
“Kami ingin melakukan perombakan ini sekali, dan kami ingin ini dilakukan dengan benar, yang berarti kami akan mencari cara untuk mengurangi dampak wabah serupa di masa depan,” kelas Asisten Komisaris Lembaga Pemasyarakatan, Kevin Corcoran.

Tikus telah menghancurkan hasil panen petani dan membut sengsara penduduk di Australia timur selama berbulan-bulan setelah hama liar itu menyerang sebelum panen raya.

Wabah tikus ini adalah serangkaian bencana terbaru yang melanda para petani. Sebelumnya para terjadi kekeringan selama bertahun-tahun disusul kebakaran hutan yang menghancurkan selama berbulan-bulan pada akhir 2019 hingga awal 2020, lalu hujan menyebabkan banjir yang merusak di beberapa daerah. 

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>