Respons Bamsoet Sikat KKB, Menko Polhukam: TNI-Polri Telah Lakukan Langkah Terukur


Menko Polhukam, Mahfud MD. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan aparat gabungan TNI-Polri telah melakukan langkah-langkah terukur dalam menangani kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Hal tersebut disampaikan Mahfud merespons permintaan Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) agar pemerintah menyikat habis KKB atau OPM tanpa mempertimbangkan HAM di awal.

“Kami bersama Polri dan TNI sudah mengolah semua usulan dan melakukan langkah-langkah secara terukur,” kata Mahfud dalam pesan tertulisnya, Senin (20/9/2021).

Mahfud mengatakan masukan Bamsoet penting didengarkan baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Menurutnya, Bamsoet merupakan salah satu orang yang lantang menyuarakan agar KKB dikategorikan sebagai kelompok teroris.

“Pak Bamsoet juga yang lantang menyuarakan agar kita mengkategorikan KKB di Papua sebagai kelompok teroris,” ujarnya.

Mahfud lantas meminta agar semua pihak mendukung strategi yang diambil TNI dan Polri dalam menangani masalah di Papua.

“Mohon dukungan semua pihak untuk pilihan strategi dan taktik dilakukan TNI dan POLRI untuk NKRI,” pinta Mahfud.

Sebelumnya, Ketua MPR Bambang Soesatyo mendorong pemerintah agar mengerahkan prajurit dari seluruh matra di TNI, mulai dari Angkatan Darat, Laut, dan Udara, hingga Brigade Mobil (Brimob) Polri untuk menumpas KKB di Papua.

Bamsoet meminta pemerintah tak ragu bertindak menangani KKB hanya karena persoalan HAM. Hal ini terkait dengan aksi KKB yang menyerang puskesmas di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

“Sekali lagi saya tegaskan, sikat habis (KKB di Papua), urusan HAM kita bicarakan kemudian, jangan ragu bertindak hanya karena persoalan HAM. Utamakan keselamatan rakyat Indonesia,” kata Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (19/9).

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>