Kasus Covid-19 Telah Menurun, Pimpinan DPR Restui Kunker Anggota Baleg ke Ekuador-Brasil


AKTUALITAS.ID – Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pihaknya mengizinkan anggota Badan Legislasi (Baleg) kunjungan kerja ke dua negara Amerika Latin, Ekuador dan Brasil karena kasus Covid-19 telah menurun.

Kunjungan anggota Baleg tersebut untuk menyempurnakan Rancangan Undang-undang tentang Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS).

“Kita kemarin sudah membuka bahwa dengan keadaan pandemi yang sekarang ini kita membolehkan (kunker keluar negeri) untuk keperluan-keperluan yang sangat prioritas dan tentunya dengan catatan daerah menerima,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (1/10/2021).

Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu belum bisa memberikan penjelasan terkait urgensi kunjungan tersebut. Ia meminta rencana kunker tersebut dikonfirmasi langsung ke anggota Baleg.

“Bisa ditanyakan ke koordinator bidang polhukam apakah urgensi untuk baleg pergi ke sana, urgensinya apa saya tidak tahu,” ujarnya.

Agenda kunjungan kerja Baleg DPR ke Ekuador dan Brasil rencananya akan dilakukan pada pada 31 Oktober-22 November 2021 mendatang lewat surat bernomor LG/13489/DPR RI/IX/2021 perihal Permintaan Nama Anggota Baleg ke Luar Negeri.

Jumlah anggota yang diminta ikut kunker bervariasi setiap fraksi. Terbanyak fraksi PDIP dengan 6 anggota dan paling kecil fraksi PPP dengan 1 anggota.

Rencana kunker tersebut memancing sorotan. Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) mengkritik rencana Baleg melakukan kunker saat pandemi belum usai. Peneliti Formappi, Lucius Karus menilai rencana kunker Baleg tak berguna dan tak memiliki tujuan yang jelas.

Lucius meminta Baleg membatalkan rencana kunjungan ke Ekuador dan Brasil. Ia gemas, DPR kerap kali menciptakan masalah yang tidak penting di tengah pandemi saat ini.

“Kenapa sih DPR ini selalu saja bikin gaduh dengan rencana-rencana yang tak masuk akal, tak punya sensitivitas, dan tak punya arah?” kata Lucius, Jumat (1/10).

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>