Karena Lonjakan Kasus Covid-19, China Lockdown 13 Juta Penduduk di Kota Xi’an


Foto: Istimewa

Pemerintah Kota Xi’an, China, memerintahkan 13 juta penduduk untuk tetap tinggal di rumah sebagai upaya untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 yang terus naik.

Menjelang acara Olimpiade Musim Dingin 2022, Beijing meningkatkan kewaspadaan penyebaran Covid-19 di sejumlah kota.

Laman the Straits Times melaporkan, Kamis (23/12), pengumuman penyekatan ketat di Xi’an ini terjadi setelah muncul 52 kasus Covid-19 kemarin, hingga total mencapai 143 sejak 9 Desember.

Sejak tengah malam Kamis, semua rumah hanya boleh membiarkan salah satu dari anggota keluarga keluar rumah setiap dua hari sekali untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Sementara anggota keluarga yang lain harus tetap berada di rumah kecuali kondisi darurat, kata pernyataan pemerintah kota di akun Weibo resmi.

Warga yang terpaksa harus keluar rumah diminta memberikan bukti keperluannya dan mengajukan izin.

Perintah ini disampaikan sehari setelah 13 juta penduduk mulai menjalani tes Covid-19.

Stasiun bus untuk rute jarak jauh ditutp dan pemerintah mendirikan pos pemeriksaan di jalan tol keluar Xi’an, kata pernyataan pemerintah.

Lebih dari 85 persen penerbangan dari dan ke kota itu juga sudah dibatalkan. Begitu juga pelabuhan.

Semua bisnis non-esensial dan fasilitas publik mulai dari supermarket hingga warung diminta untuk tutup. Pemerintah kota juga meminta kantor-kantor memerintahkan pegawainya bekerja dari rumah, kata media pemerintah CCTV.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>