Usai Menang Pemilu, PM Portugal Positif Covid-19


Perdana Menteri Portugal Antonio Costa menyampaikan pidato dalam debat anggaran negara 2022 sebelum pemungutan suara di parlemen Portugal di Lisbon, Rabu (27/10/2021). (PATRICIA DE MELO MOREIRA)

Perdana Menteri Portugal Antonio Costa dinyatakan positif Covid-19 pada Selasa (1/2), beberapa hari setelah memenangkan pemilu. Kabar Costa positif Covid-19 disampaikan oleh perwakilan kabinetnya.

“Dia tidak memiliki gejala apa pun dan akan menjalani masa isolasi tujuh hari,” demikian keterangan yang dikutip AFP.

Costa dinyatakan positif Covid-19 setelah partainya memenangkan 117 kursi di parlemen dengan 230 kursi dalam pemilihan cepat, akhir pekan lalu.

Costa, yang telah memimpin dua pemerintahan minoritas sejak 2015, sebelumnya telah dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Marcelo Rebelo de Sousa pada Rabu (2/2).

Kepala negara, yang mulai berbicara dengan anggota parlemen dari semua sisi tentang kabinet baru pada Selasa, diharapkan secara resmi mengundang Costa untuk membentuk pemerintahan baru.

Susunan anggota kabinet diperkirakan tidak akan diumumkan sampai minggu terakhir Februari setelah parlemen baru mulai bekerja, kata kabinet.

Costa tidak pernah mengumumkan mengidap Covid-19 sebelumnya. Namun, ia sempat mengisolasi diri sebelumnya, termasuk setelah melakukan kontak dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang dinyatakan positif pada akhir 2020.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>