Menkominfo akan Tinjau Satelit Bumi Satria di Kupang


Menteri Kominfo Johnny G. Plate saat memberikan pengarahan dalam acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Fresh Graduate Academy (FGA) dan Vocational School Graduate Academy (VSGA) Digital Talent Scholarship (DTS) Tahun 2020 di Jakarta, Selasa (17/12/2019). Kemenkominfo menargetkan peserta beasiswa pelatihan DTS 2020 sebanyak 60.000 peserta guna melatih dan menyiapkan talenta digital yang kompeten di era industri 4.0 itu, sebanyak 88 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia terlibat aktif sebagai mitra penyelenggara.AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dijadwalkan meninjau secara langsung Pembangunan Ruang Kendali Satelit Bumi SATRIA di Kelurahan, Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Jadi kunjungan Bapak Menteri Kominfo, Johnny G. Plate ke Kupang ini dalam rangka menghadiri dua kegiatan sekaligus yakni meninjau lokasi pembangunan ruang kontrol Satelit Bumi Satria, dan meresmikan Gedung St Arnoldus Janssen serta Aula St. Maria Immaculata yang berada di Kampus Universitas Katolik Widya Mandira,” kata Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo, Sensilaus Dore, di Bandara El Tari Kota Kupang, Rabu (23/2/2022).

Dalam kunjungan kerja selama dua hari, Menteri Johnny juga diagendakan untuk menyaksikan dan berdialog dengan penerima beasiswa pelatihan bahasa Inggris secara daring.

“Setelah seremoni pengguntingan pita peresmian, Pak Menteri akan menyapa secara virtual para penerima beasiswa pelatihan bahasa Inggris melalui zoom meeting,” jelasnya.

Untuk agenda utama, Kabiro Umum Setjen Kementerian Kominfo menyatakan Menteri Johnny akan meninjau pembangunan stasiun bumi yang akan berfungsi sebagai stasiun pusat pengendali dan pengawas alur pergerakan Satelit Multifungsi SATRIA 1 di Kelurahan Balok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang.

“BAKTI Kementerian Kominfo membangun 11 lokasi stasiun bumi. Sebelumnya Menkominfo telah melakukan groundbreaking ceremony Stasiun Bumi Proyek KPBU Satelit Multifungsi, di Gedung PSN, Cikarang, Jawa Barat, Agustus tahun lalu. Nah, hari ini melihat secara langsung bagaimana persiapan pembangunan Satelit Bumi yang ada di sini,” kata Sensilaus Dore.

Berdasarkan data dari BAKTI, kemajuan konstruksi pondasi antena pembangunan gateway SATRIA-1 untuk lokasi Kupang saat ini masih 50 persen.

Kemudian, kemajuan konstruksi gedung telah mencapai 39 persen. Untuk panel dan kabel power, kini tengah dalam tahap pengadaan. Sementara mengenai sambungan listrik (PLN) sedang menunggu instalasi.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>