Roberth Rouw Gaungkan Persatuan Bangsa Melalui Sosialisasi Empat Pilar MPR RI


AKTUALITAS.ID – Anggota DPR/MPR RI dari daerah pemilihan Papua, Roberth Rouw menggelar kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan MPR RI di tanah kelahirannya di Papua. Dalam kesempatan itu, ia mengingatkan warga untuk senantiasa menjaga kerukunan demi mewujudkan persatuan bangsa.

“Sebagai sesama warga negara, kita harus terus menjaga kerukunan. Kerukunan warga akan melahirkan persatuan bangsa,” Kata Roberth saat kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan MPR RI di Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Selasa (25/4/2023).

Roberth yang juga merupakan Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI ini menjelaskan, kerukunan warga sangat dibutuhkan agar dapat terhindar dari konflik yang bisa membuat perpecahan. Terlebih, Indonesia memiliki beragam suku, bahasa dan budaya.

“Kita memiliki berbagai suku, bahasa dan budaya. Bukan untuk terpecah-belah, tapi untuk bersatu membangun negeri,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, MPR RI sebagai lembaga legislatif negara terus berusaha menghidupkan kembali nilai-nilai dan semangat nasionalisme berbangsa, salah satunya dengan terus mensosialisasikan empat pilar kebangsaan MPR RI.

Empat pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI 1945 sebagai konstitusi negara dan ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara, adalah tonggak dari keutuhan bangsa Indonesia.

“Karena itu, sosialisasi empat pilar kebangsaan menjadi sangat penting untuk terus disuarakan dan disampaikan kepada masyarakat agar menjadi dasar kita dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara, serta masyarakat Indonesia juga wajib memahami bahwa bangsa ini harus menjadi bangsa negara kesatuan Republik Indonesia yang kuat,” Tegas Roberth.

Roberth yang juga Wakil Ketua Komisi V DPR RI itu menuturkan, silahturahmi antar masyarakat yang berbalut kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini dapat memberikan semangat bernegara kepada masyarakat.

“Persatuan bangsa Indonesia mengandung unsur-unsur cita-cita dari persaudaraan dan persahabatan, diliputi dengan suasana kebaikan, kesucian dan keindahan. Persatuan dan kesatuan bangsa harus selalu dijaga, supaya negara Indonesia menjadi negara yang mandiri dan lebih sejahtera,” Pungkasnya. [Kiki Budi Hartawan/Rukmana]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>