Munir “ADA” & BERLIPATGANDA: Aktivis 98 Usman Hamid Luncurkan Lagu Munir


AKTUALITAS.ID – Dalam memperingati 19th pembunuhan Munir Said Thalib (7 September 2004-2023), aktivis hak asasi manusia Usman Hamid bersama Once Mekel dan grup musik The Blackstones meluncurkan lagu dan musik video berjudul “Munir.”

Usman mengatakan, lagu itu bercerita tentang Munir yang menolak dibungkam dan menyatakan dirinya tetap “ada”, dan bahkan mendapat dukungan berlipatganda.

“Lagu ini berpesan, meski kita sudah lelah dengan segala kekerasan dan kebohongan, perjuangan kemanusiaan tidak boleh lekang oleh waktu,” kata Usman.

Usman menyanyikan lagu Munir bersama penyanyi Once Mekel dan Paduan Suara Mahasiswa Universitas Trisakti (PSMUT).

Usman mengajak masyarakat untuk mengingatkan janji Presiden Joko
Widodo dalam menyelesaikan kasus pembunuhan Munir. Ketika menemui para pakar hukum dan HAM di Istana Negara, 22 September 2016, Presiden berjanji untuk menuntaskan kasus Munir.

“Buat gue lagu ini kontribusi yang berarti untuk perjuangan hak asasi manusia. Gue bangga menjadi bagian di dalamnya,” kata Once yang pernah menjadi vokalis kelompok musik Dewa.

Sejumlah musisi yang terlibat dalam produksi rekaman lagu Munir adalah Akbar Kelana Halim (bass, gitar, mixing), Dwi Yudha (gitar), Rama Moektio (drum), Kis Winarko (bass), dan Estu Pradhana (keyboard).

Sejumlah sahabat Munir menyambut lagu tersebut. Pegiat seni yang juga sutradara film Riri Riza mengatakan, “Musik adalah pernyataan. Pembungkaman pejuang HAM, Munir Said Thalib, hampir 20 tahun lalu kembali digaungkan Usman Hamid melalui sebuah karya musik yang menghentak. Lagu ini bisa menjadi pengisi relung jiwa agar terus menjaga luka yang belum sembuh dan memperjuangkan keadilan bagi Munir.”

Sebagai latar belakang, lagu ini bermula dari ingatan Usman ketika ia bersama keluarga dan sahabat Munir pergi menjenguk jenazah Munir di rumah pembaringan jenazah di bandara Schipol, Amsterdam, 9 September 2004.

Di lagu ini, ia mengenang peristiwa peledakan di depan kedubes Aussie yang mengalihkan perhatian publik dari pembunuhan Munir karena terjadi hampir dalam kurun waktu yang bersamaan.

Lagu dan musik video Munir telah tayang pada Rabu 6 September 2023 dan tersedia di platformplatformmusik digital antara lain Spotify, iTunes dan YouTube. Video digarap oleh Fiqie Anbiya.

Ilustrasi over lagu dibantu oleh Denny Setiawan, Soultan Alif Allende, Diva Suu Kyi Larasati, dan MartoArt. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>