Lewat BTN Jakarta Run, Pj Gubernur Heru Berharap Event Olahraga Gerakkan Ekonomi Masyarakat


AKTUALITAS.ID – Jakarta akan kembali menjadi tuan rumah ajang lomba lari yang diadakan Bank Tabungan Negara (BTN). Informasi seputar acara dikupas dalam Ngobrol Santai seputar BTN Jakarta Run di Pintu 6, Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (8/10).

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menuturkan, berbagai usia bisa mendaftar pada event yang akan dilaksanakan pada 12 November mendatang. Tidak terbatas pada olahraga, menurut Heru, event ini bisa menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Maka obsesi saya bersama BTN salah satunya adalah menyemarakkan BTN 42 km. Berbagai usia bisa datang ke Jakarta, dari manapun. Ekonomi juga bergerak, mulai dari yang jual minum, jual kaos, hotel dan sebagainya. Ini harus menggerakkan perekonomian masyarakat,” ungkapnya, dikutip dari Siaran Pers PPID DKI, Minggu (8/20).

Pj Gubernur juga mengungkapkan sejumlah dukungan yang diberikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada acara tersebut.

“Semua sumber daya DKI akan ada di sana, sarana prasarana bersama dengan Polda Metro Jaya, ada Dinas Perhubungan, bisa membantu melalui Transjakarta, baik jalan yang bisa digunakannya untuk kegiatan ini. (DKI) bisa membantu dari sisi Dinas Kesehatan, paramedisnya. Berikutnya ada Dinas PPKUKM, masyarakat yang bergerak di bidang UMKM bisa juga merasakan ekonomi plusnya terhadap kegiatan ini. DKI mendukung sekali lagi kegiatan ini,”jelasnya.

BTN Jakarta Run diadakan dengan pilihan kategori jarak 5K, 10K, 21K, dan 42K. Selain sebagai ajang perlombaan, juga akan dimeriahkan dengan festival khas DKI Jakarta berupa expo, bazar makanan dan penampilan artis Ibu Kota.

Rute BTN Jakarta Run juga akan melewati ikon-ikon monumen dan bangunan khas kota Jakarta. Ajang ini diharapkan dapat mendukung roda perekonomian masyarakat melalui Sport Tourism di wilayah DKI Jakarta.

Di tempat yang sama, Direktur Utama Bank BTN, Nixon Napitupulu mengatakan, salah satu data nasabah menunjukkan segmentasi nasabah berada di usia 35 tahun ke bawah.

“Kita masuk ke segmen anak muda yang hobinya lari. Mereka senang olahraga, hidup sehat, dan memiliki rumah, itu yang kita dorong,”ujarnya.

Pihaknya juga menerangkan alasan memilih DKI Jakarta untuk menggelar event tersebut. Menurut Nixon, salah satunya adalah banyaknya komunitas lari.

“Kenapa DKI karena komunitas larinya banyak. Maka kita mendorong pemikiran, acara lari yang bagus, fun, disukai masyarakat DKI. Penyelenggaraan bagus sehingga orang yang ikut bisa menikmati Jakarta,”tambahnya.

Sementara itu, Tigor Tanjung selaku Sekjen PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) mengatakan dukungan dari institusi apapun merupakan berkah besar terhadap cabang olahraga atletik.

“Pada prinsipnya kita mendukung institusi apapun pada atletik. BTN mendukung acara ini adalah berkah besar bagi atletik. Cabor semakin dikenal masyarakat, sekalipun digelar lomba lari meskipun atletik cabornya banyak. Ini menjadi jendela dari atletik agar lebih dikenal masyarakat,” jelasnya.

“Saya melihat BTN Jakarta Run mendapatkan dukungan penuh dari Pemprov DKI Jakarta. Kami merasa lomba ini akan terselenggara dengan aman sesuai standar peraturan yang berlaku, termasuk peraturan internasional,” imbuhnya. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>