Menhub Sebut Akan Terjadi Lonjakan Arus Mudik Saat Nataru Hingga 43 Persen 


Ilustrasi. Mudik motor (ANTARA)

AKTUALITAS.ID – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, akan terjadi lonjakan arus mudik pada momen Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Lonjakan tersebut menurut Menhub, mencapai 43 persen dari sebelumnya. Jumlahnya mencapai 107 juta orang.

“Riset ini dilakukan oleh kami dan beberapa lembaga yang kredibel sehingga menghasilkan suatu survei yang naik 43 persen dari tahun yang lalu yaitu 107 juta,” ujar Menhub dalam keterangannya, Kamis, (7/12/2023).

Menurut hasil riset, ada beberapa daerah yang mengalami peningkatan pemudik Daerah Istimewa Yogyakarta dan Bali menjadi dua di antaranya.

“Yang lain, adalah tentu saudara-saudara kita yang di Indonesia bagian Timur, tahun lalu sempat ada suatu lonjakan penumpang yang tidak tertampung, kami akan menugaskan kepada stakeholders untuk melakukan penambahan-penambahan ya di Indonesia bagian timur,” ungkapnya.

Kemudian, untuk puncak arus mudik dan balik diprediksi akan terjadi dua hari sebelum dan sesudah libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Jadi dua hari sebelumnya dan dua hari setelahnya natal dan tahun baru adalah puncak. Karenanya, kita akan berjaga jaga di hari-hari itu,” sebut Budi.

Di sisi lain, masyarakat diimbau agar tak mudik dengan menggunakan sepeda motor. Sebab, berdasarkan data, angka kecelakaan paling tinggi dialami para pengendara roda dua.

Karenanya, pemerintah akan memfasilitasi masyarakat dengan mengadakan mudik gratis menggunakan bus. Sehingga, keamanan dan kenyamanan masyarakat terjamin.

“Karena kita harapkan mereka bisa menggunakan itu tanpa menggunakan motor. Saya mengimbau masyarakat tidak menggunakan motor saat mudik karena sangat bahaya,” kata Budi.

Sebagai informasi, Kemenhub bakal menggelar program mudik gratis yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan kelancaran selama perjalanan mudik Nataru yang akan berlangsung mulai 20 Desember 2023-2 Januari 2024. 

Dalam hal ini, Ditjen Perhubungan Darat menyediakan 90 unit bus AKAP dan Pariwisata dengan total 3.600 penumpang. Sementara, untuk kendaraan sepeda motor disiapkan untuk 120 unit dengan 4 truk. 

Adapun pendaftarannya dilakukan secara online melalui aplikasi Mitra Darat mulai 5 Desember 2023 hingga 20 Desember 2023. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>