Survei Indikator: Head to Head Capres, Prabowo Masih Unggul Lawan Anies Atau Ganjar


Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memberikan salam hormat kepada media massa usai mendaftar sebagai capres-cawapres 2024-2029, Rabu (25/10/2023). Foto: Instagram/@prabowo

AKTUALITAS.ID – Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul dalam simulasi head to head jika disandingkan dengan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) maupun Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Direktur Eksekutif Indikator Indonesia Burhanudin Muhtadi, menjelaskan sebanyak 57,2 persen publik memilih Capres dan Cawapres Prabowo-Gibran di 2024. Sementara yang memilih Anies-Cak Imin hanya 27,9 persen.

“Per hari ini, Prabowo masih unggul melawan Anies. Dari data kami dapatkan informasi, pendukung Ganjar sebagian besar cenderung lari ke Prabowo, ketimbang Anies,” jelasnya dalam siaran rilis survei ‘Dinamika Elektoral di Masa Kampanye’ di YouTube Indikator Politik, Sabtu (9/12) lalu.

Jika melihat dari tren simulasi head to head, Prabowo-Gibran terus mengalami kenaikan per tiga bulan terakhir, dari 52,3 persen pada September 2023 dan 57,2 persen pada Desember ini. Sedangkan pada periode yang sama, Anies-Cak Imin cenderung fluktuatif dan agak turun, yakni dari 30,5 persen ke 27,9 persen.

Begitu juga jika Prabowo-Gibran head to head dengan pasangan Ganjar-Mahfud, maka pasangan Prabowo-Gibran meraih angka 56,3 persen dan Ganjar-Mahfud hanya meraih angka elektabilitas 29 persen.

“Simulasi 2 pasangan capres-cawapres atau head to head, maka Prabowo-Gibran berada di angka 56,3 persen dan Ganjar-Mahfud di angka 29 persen, lalu yah tidak tahu atau tidak menjawab 14,7 persen,” jelas Burhanuddin.

Survei terbaru Indikator Politik Indonesia dilakukan pada 23 November hingga 1 Desember 2023 terhadap 1.200 responden. Pengambilan sampel responden dengan teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat atau multi-state random sampling. Batas kesalahan atau margin of error +/- 2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>